Published On: Sel, Feb 17th, 2015

Petani Tuban Akan Terima Stimulus Swasembada Pangan

Share This
Tags

TUBAN

Suparno

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Tuban, Suparno

seputartuban.com – Untuk menyukseskan program swasembada pangan, pemerintah pusat menggelontorkan program pembangunan irigasi dan optimalisasi lahan di Kabupaten Tuban. Karena kendala saat ini pengairan menjadi faktor utama tidak susksesnya pertanian selama ini.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Tuban, Suparno mengatakan program ini dukungan kegiatan mewujudkan swasembada pangan 2017. Sedangkan bantuan irigasi berada di Kecamatan Singgahan, Kecamatan Merakurak dan Kecamatan Rengel. Sementara itu, untuk lahan seluas 9 ribu hektar sasaran program, dana pembangunanya melalaui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Kalau untuk besaran anggarannya kita belum mengetahuinya, sebab kita baru menerima program yang akan didanai oleh pemerintah pusat melalui dana APBN,” ungkapo Suparno, Senin (16/02/2015) siang, tanpa menyebutkan besaran dana pembangunan ini.

Selain itu, Tuban juga akan menerima bantuan optimalisasi lahan. Dengan luas lahan mencapai 1.000 hektar. Namun Suparno juga belum mengetahui besaran dana yang diberikan. Karena hingga saat ini belum dibahas teknis pelaksanaan program. “Kita belum menerima petunjuk teknisnya, Semoga saja dana yang kita terima ini besar,” sambungnya.

Dana bantuan ini akan diberkan langsung kepada petani melalui kelompok tani. Sedangkan pengawasanya akan dilakukan Dinas Pertanian, Badan BPPKP dan Kodim 0811 Tuban. “Kita berharap dengan bantuan itu, kesejahteraan petani bisa meningkat dan kelompok tani memperuntukkan bantuan itu bagi para petani,” pesan Suparno. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. ZIDNI berkata:

    semoga tepat sasaran….