Published On: Rab, Jun 29th, 2016

Petani Panen Raya, Harga Cabai Murah

JATIROGO

seputartuban.com – Petani cabai disejumlah wilayah Kabupaten Tuban sedang panen raya. Namun mereka dihadapkan kenyatan harga jual cabai turun meski mendekati lebaran. Berbeda dengan jenis kebutuhan pokok lainya yang mengalami kenaikan.

MERADANG : Pedagang cabai di Pasar Jatirogo

MERADANG : Pedagang cabai di Pasar Jatirogo

Harga cabai keriting saat ini dipasaran Rp. 15 ribu per kilogramnya. Cabai biasa Rp. 18 ribu lebih murah dari harga normalnya yakni kisaran Rp. 20 ribu per kilogram. Bahkan untuk harga cabai rawit hanya kisaran Rp. 12 Ribu.

Salah satu pedagang sayur di Pasar Jatirogo, Masduki menyampaikan saat ini memang sedang panen raya di beberapa daerah Kabupaten Tuban.  Kiriman cabai banyak dari berbagai wilayah tersebut karena sedang panen raya menyebabkan harga cabai anjlok.

Diketahui, beberapa kawasan yang sedang panen raya yakni Kecamatan Tambakboyo, Kecamatan Singgahan, Kecamatan Jatirogo. Serta kecamatan perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah yakni Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang, yang hasil panenya juga dikirim ke wilayah Tuban. “Saya juga dapat kabar dari teman teman di pasar baru Tuban, bahwa sekitar daerah Semanding juga mengalami panen,” ujarnya.

Harga cabai saat ini sudah mulai merangkak naik, dibandingkan dari seminggu yang lalu, dimana harga cabai sedang anjlok. “Seminggu yang lalu harga cabai rawit sampai Rp.7 ribu per kilogramnya,” tutupnya.

Kabid Perdagangan Disperpar Tuban, Bhismo Setyo Adji mengatakan naik turunnya harga sayuran khususnya cabai bukan rahasia umum. Dijelaskan bahwa murahnya harga jual cabai ditingkat petani akibat panen raya. “Berbagai daerah di Tuban beberapa hari terakhir ini sedang panen raya,” katanya.

Masih menurut  Bhismo, Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI juga mengakui untuk dapat menyetabilkan harga komoditas sayuran harus memiliki gudang penyimpanan. Namun untuk mewujudkanya membutuhkan dana banyak. “Mendekati Idul Ftri harga cabai akan berangsur stabil karena kebutuhan masyarakat semakin tinggi,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author