Published On: Rab, Okt 15th, 2014

Petani Melon Singgahan Diresahkan Serangan Hama

Share This
Tags

SINGGAHAN

RESAH : Petani melon di kawasan Kecamatan Singgahan cemas. Karena tanaman melon diserang hama.

RESAH : Petani melon di kawasan Kecamatan Singgahan cemas. Karena tanaman melon diserang hama.

seputartuban.com –Petani melon di Desa Mergosari,  Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban mulai was-was. Pasalnya selama beberapa waktu terakhir, tanaman mereka diserang hama kutu putih. Jika hal ini tidak dapat diatasi, hasil panen melon mereka akan turun dan kehilangan pendapatan besar.

Salah satu petani melon setempat, Agus Pujiono (48), mengatakan akibat serangan hama kutu putih ini membuat tanaman melon menjadi kerdil. Bahkan dampak paling ringan adalah kwalitas buah melon sangat menurun. Hal ini akan mempengaruhi harga jual juga menjadi murah.

Kutu putih tersebut biasanya menempel pada daun dan batang tanaman. Hama ini menyebabkan batang melon menjadi kurus keriting  Karena asupan makanan mas masuk ke buah yang melalui batang terganggu. Akibatnya pertumbuhan terganggu kemudian menyebabkan tanaman menjadi kerdil.

Tanaman sudah 3 bulan lalu ini tidak dapat menghasilkan buah dengan maksimal. Karena daun dan batang diserang hama. Kondisi diperparah kondisi cuaca tidak menentu. Sebenarnya warga dalam musim kemarau ini tetap berharap dapat panen melimpah agar tetap mendapatkan penghasilan.

Jika biasanya ditanami padi, kini sudah beralih dengan tanaman melon. Namun akibat kondisi ini nampaknya para petani ini tidak lagi dapat berbesar hati, karena tanaman melon kerdil. “Namun sayang panen tahun ini tidak bisa 100 persen. Karena faktor cuaca yang tidak bisa diprediksi dan ditambah lagi dengan serangan hama kutu putih,” keluhnya, Rabu (15/10/2014).

Petani juga dihadapkan sejumlah pekerjaan yang secara rutin harus dilaksanakan agar tanaman dan hasil panen melon dapat maksimal. Diantaranya setiap hari harus ke sawah untuk cek tanaman dan memupuk tiap lima hari sekali. Proses penyiraman teratur dan jika sudah berbuah harus digantung. Karena jika dibiarkan menyentuh tanah menyebabkan buah membusuk. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos