Published On: Rab, Okt 8th, 2014

Petani Kabupaten Tuban Dimanja 71 Traktor

TUBAN

TEPAT SASARAN: Sejumlah traktor bantaun dari pemerintah pusat yang akan segera didistribuan kepada kelompok tani. (foto: MUHLISIN)

TEPAT SASARAN: Sejumlah traktor bantaun dari pemerintah pusat yang akan segera didistribuan kepada kelompok tani. (foto: MUHLISIN)

seputartuban.com-Komitmen Pemkab Tuban memberikan fasiltas kepada petani guna meningkatkan hasil produksinya mulai direalisasikan.

Merespon komitmen tersebut, Dinas Pertanian Kabupaten Tuban menggelontorkan bantuan traktor kepada petani yang ada di wilayah Kabupaten Tuban. Sebanyak 71 unit traktor diberikan kepada kelompok tani yang tersebar di 20 Kecamatan di Bumi Wali.

ke 71 traktor itu rinciannya, 38 unit berasal dari APBN dan 33 unit lainnya diserap dari APBD Tuban. Saat ini 33 unit traktor dari APBD sudah didistribusikan kepada kelompok tani. Sedangkan yang bersumber dari APBN masih berada di Dinas Pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tuban, Hery Prasetyo, mengatakan bantuan traktor tersebut sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah dalam peningkatan hasil pertanian. Serta agar pada saat musim tanam petani bisa tepat waktu atau menanam sesuai dengan waktunya, sehingga hasil panennya lebih baik.

“Traktor merupakan kebutuhan pokok petani saat ini dalam pengolahan tanah. Saat ini masyarakat sudah hampir tidak ada yang membajak tanah menggunakan sapi,” kata Hery, Rabu (08/09/2014) siang.

Dia menjelaskan, bantuan traktor itu diberikan kepada kelompok tani yang memang benar-benar membutuhkan sehingga tepat guna. Selain itu, mereka harus mengajukan permohonan bantuan dan kemudian akan dilakukan verifikasi. Bila benar-benar membutuhkan langsung akan diberikan bantuan. MUHLISHIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos