Published On: Sel, Apr 15th, 2014

Peserta UN Diharap Tenang dan Percaya Diri

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com  Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat yang mengikuti Ujian Nasional (UN) mulai Senin (14/4/2014) sampai Rabu (16/4/2014) dihimbau tetap tenang dan percaya diri. Karena jika mengerjakan soal ujian kelulusan tersebut dengan tenang, dipastikan akan selesai tepat waktu. Karena sudah disesuaikan dengan standart kemampuan siswa.

Aktivitas Siswa SMA di Kabupaten Tuban

Aktivitas Siswa SMA di Kabupaten Tuban

Ketua Panitia UN 2014 Kabupaten Tuban, Heny Indriana, saat dikonfirmasi, Minggu (13/4/2014) menghimbau kepada siswa agar tidak gugup atau panik saat UN. “Tentu saja sebelum menghadapi UN, siswa sudah digembleng dengan berbagai materi pelajaran terkait dengan UN. Selain itu bobot soal juga tidak jauh dari ujian try out. Maka siswa harus tenang dan percaya diri guna sukses meraih nilai terbaik,” jelasnya.

Heny yang juga menjabat Kasi Kurikulum SMP, SMA dan SMK Disdikpora Kabupaten Tuban ini menambahkan peserta UN dinyatakan lulus apabila memenuhi kriteria kelulusan yang diterapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan nilai S/M.

Yakni gabungan antara nilai UN dan nilai rata-rata rapor semester. Bagi siswa SMA dan MA diambil nilai semester 3,4 dan 5. Untuk tingkat SMK diambil dari nilai semester 1,2,3,4 dan 5, Selanjutnya nilai tersebut akan menjadi nilai sekolah dengan bobot 70 persen, 30 persen lainya dari nilai UN.

Sehingga seperti yang kita ketahui bersama bahwa Nilai Akhir (NA) UN dihitung berdasarkan gabungan Nilai Sekolah (S) dan Nilai Ujian Nasional (UN) dengan formula NA = 40% S + 60% UN, sesuai Permendikbud nomor 97 Tahun 2013 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik Dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan dan Ujian Nasional. “jadi nilai ujian semester itu juga menentukan, guna mendongkrak nilai ujian nasional”, pungkasnya. (am)

Facebook Comments

About the Author