Published On: Jum, Apr 6th, 2012

Pesan Beberapa Tokoh, Untuk Melanjutkan Perjuangan Mbah Faqih

Share This
Tags

Penulis : Edy Purnomo

WIDANG

Gus Mus saat memberikan sambutan diacara 40 hari wafatnya KH. Abdullah Faqih

seputartuban.com –  Pesan kepada penerus Pondok Pesantren (ponpes) Langitan untuk meneruskan perjuangan ulama Kharismatik KH. Abdullah Faqih. Hal ini disampaikan oleh beberapa tokoh ternama yang memberikan sambutan dihadapan ribuan jamaah yang menghadiri peringatatan 40 hari meninggalnya KH. Abdullah Faqih pada kamis malam, (05/04/2012).

Seperti yang diungkapakan oleh ulama, penyair serta budayawan asal Kab. Rembang, KH. Mustofa Bisri. Dirinya merasala duka dan rindu yang mendalam kepada Mbah Faqih, dia juga menyatakan bahwa almarhum adalah seorang ulama yang menjadi panutan beberapa tokoh penting seperti mendiang mantan presden RI KH. Abdurrahman Wahid.

“untuk itu saya berharap, penerusnya dapat melanjutkan  perjuangan beliau,” ucap Gus Mus saat di wawancarai seputartuban.com.

Selain itu ulama terkemuka, KH. Maimun Zubair – Sarang – Rembang, dalam ceramahnya yang mengajak untuk memahami kondisi keragaman bangsa Indonesia. Selain itu juga mengatakan bahwa KH. Abdullah Faqih adalah sosok ulama yang tak pantang menyerah dalam berjuang.

Untuk itu KH. Maimun Zubair menghimbau kepada generasi penerus untuk menjadikan pondok pesantren Langitan lebih maju meskipun dia tahu itu tidak mudah untuk dilakukan saat ini.

Senada disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf.  Pejabat yang juga putra seorang kyai ini mengungkapkan bahwa selain mewakili pemerintah provinsi Jawa Timur untuk mengucapkan rasa duka atas wafatnya KH. Abdullah Faqih.

Juga mengharapkan dan mengajak para jamaah untuk berdoa agar pewaris pondok pesantren Langitan diberi kekuatan untuk meneruskan perjuangan almarhum. Sekaligus menjadi penjaga pintu dalam memahami ilmu agama melalui para ulama dan para kyai.

“mari kita berdoa agar penerusnya diberi kekuatan untuk melanjutkan perjuangan almarhum” ujar Gus Ipul.

Dalam kesempatan yang sama, beberapa Kyai dan Habib terkemuka menyampaikan pandangan-pandanganya mengenai kehidupan KH. Abdullah Faqih saat masih hidup, Bahkan seorang ulama dari Madinah Habib Hasan Al-Kaf menyatakan dengan bahasa arab bahwa wafatnya KH. Abdullah Faqih adalah kematian seorang alim yang menyisakan duka yang mendalam kepada seluruh umat islam yang ada di Indonesia.

Nampak hadir dalam acara ini, beberapa tokoh penting yang ada di Indonesia, selain ulama besar KH. Maimun Zubair, juga Penyair dan Budayawan KH. Mustofa Bisri, Habib Hasan Al- Kaf dari Madinah,

Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf, Habib Ali Husain, KH. Muhibbi dari Demak. Habib Ali bin Husain, KH. Muchib Muzaqi, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Malang Prof DR H Imam Suprayogo, serta beberapa kyai sepuh NU lainya.

Facebook Comments

About the Author