Published On: Rab, Jul 22nd, 2015

Perubahan APBD 2015 Disumbang SILPA 2014 Rp. 250 Miliar

TUBAN

BUDI WIYANA: Yang sudah-sudah setiap ada pilkada maka pelaksanaan pilkades harus diundur.

BUDI WIYANA: Banyaknya SILPA karena Juklak dan Juknisnya telat.

seputartuban.com – Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) tahun anggaran 2015 akan mendapat dana Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun Berkenan (SILPA) APBD 2014 sebanyak Rp. 250 miliar. Dana ini tidak digunakan pada tahun anggaran, sehingga dimasukkan pada tahun anggaran berikutnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana mengatakan banyaknya sisa anggaran 2014 itu disebabkan petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) penggunaan anggaran terlambar diterima dari pemerintah pusat. Faktor lainya adalah gagalnya pelaksanaan tender proyek, diantaranya pembangunan mega proyek sport center.

“Banyaknya SILPA karena tidak terserap dan rata-rata dana yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK),” jelasnya, Selasa (21/07/2015).

Selain proyek pembangunan pusat olahraga, pembebasan lahan Jalan Lingkar Selatan (JLS) juga menjadi penyumbang SILPA terbanyak. “Sisa anggaran itu nantinya akan dimasukkan dalam PAPBD 2015,” sambungnya.

Dalam P-APBD 2015, dana SILPA akan digunakan untuk perbaikan infrastruktur jalan dan saluran air, pengendalian banjir, jalan usaha tani, kesehatan dan pendidikan. Selain itu, juga akan dipakai untuk pendanaan pelaksanaan Pilkada Desember mendatang.

“Pembiayaan Pilkada akan dimasukkan dalam PAPBD, dan juga penganggaran kembali untuk pembangunan sport center dan pembebasan lahan untuk proyek JLS,” ujarnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author