Published On: Kam, Jun 20th, 2013

Pertahankan Budaya Bangsa, Ratusan Guru Ikuti Lomba Permainan Tradisional

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Sebanyak 350 guru di lingkup Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Pemkab Tuban mengikuti lomba permainan tradisional, Rabu (19/06/2013).  Di rest area belakang Gedung Olah Raga (GOR) Tuban, Jalan Sunan Kalijaga, Tuban.

SERU : Para guru saat bertanding obak sodor

SERU : Para guru saat bertanding obak sodor

Kegiatan lomba permainan tradisional meliputi 3 permainan. Yakni lomba permainan egrang, permainan Klopen (sandal gapyak/kayu panjang) dan permainan obak sodor (halang rintang). Perlombaan ini bertujuan untuk tetap melestarikan budaya bangsa. Alasannya permainan seperti itu merupakan asli permainan tradisional rakyat Indonesia. Khususnya wilayah Propinsi Jawa Timur.

Selain itu, perlombaan ini sebagai seleksai tim yang akan dierangkatkan mengikuti perlombaan permainan tradisional. Yang akan dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jatim, pada Mei Tahun 2014 di Kabupaten Jember. Dalam perlombaan tersebut, peserta berasal dari setiap perwakilan kecamatan. Setiap juara akan mendapat tropi dari panitia.

MENEGANGKAN : Para guru saat bertanding lomba gapyak

MENEGANGKAN : Para guru saat bertanding lomba gapyak

Dan sebagai juara lomba permaianan Klopen diraih oleh Kecamatan Jenu. Sedangkan juara lomba permainan Egrang diraih oleh Kecamatan Parengan. Sedangkan lomba permainan Obak Sodor dimenangkan oleh Kecamatan Plumpang.

Kasi Pemuda dan Olahraga, Disdikpora Pemkab Tuban, Rasul, saat dikonfirmasi di lokasi lomba mengatakan kegiatan ini untuk menjaga ciri khas budaya bangsa. “dananya sedikit mas, yang jelas dari APBD tahun 2013. Tidak ada uang pembinaan. Kita persiapan perlombaan selanjutnya. Setiap atlit nanti akan dibina di kecamatan masing-masing,“ (han)

Facebook Comments

About the Author