Published On: Sab, Mei 21st, 2016

Perkuat Kelembagaan LDP KumHam Sambangi Polres dan Kejari

TUBAN

seputartuban.com – Pengurus DPC Laskar Demokrat Penegak Hukum dan Ham (LDP KumHam) Tuban, Kamis (19/5/2016) melakukan safari ke Polres Tuban dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tuban. Hal itu dilakukan untuk menjalin kerjasama kelembagaan sekaligus pemahaman tugas pokok dan fungsi kedua lembaga itu.

Pengurus LDP KumHam saat di Polres Tuban usai pertemuan

Pengurus LDP KumHam saat di Polres Tuban usai pertemuan

Di Polres Tuban, pengurus diterima Wakapolres Tuban, Kompol Arief Kristanto didampingi Kasat Intelkam dan Kanit I Sat Reskrim Polres Tuban. Dalam kesempatan itu Wakapolres menjelaskan prosedur hukum yang berlaku dilembaganya. Selain itu berharap agar LDP KumHam berperan mencerdaskan masyarakat.

Dengan memberikan sosialisasi atau pemahaman hukum kepada masyarakat. Agar tercipta melek hukum dan kesadaran hukum masyarakat. Tidak hanya memberikan pendampingan kepada masyarakat yang tersandung kasus hukum saja.

Sementara itu saat di Kejari Tuban diterima Kasi Intel dan Kasi Pidana Khusus (Pidsus). Dalam kesempatan itu, pengurus menerima masukan agar menjadi filter masyarakat. Jika mendapat pengaduan masyarakat harus ditelaah terlebih dahulu. Apakah terdapat pelanggaran hukum atau tidak. Sehingga saat dimasukkan laporan ke Kejari Tuban sudah langsung dapat ditindaklanjuti.

Pengurus LDP KumHam saat di Kejaksaan Negeri Tuban usai pertemuan

Pengurus LDP KumHam saat di Kejaksaan Negeri Tuban usai pertemuan

Ketua DPC LDP KumHam Tuban, M. Hadi Nur Riza menjelaskan kegiatan safari itu merupakan tindaklanjut rapat pengurus sebelumnya. “Ini tindak lanjut setelah rapat program kerja lalu. Kita juga akan Safari ke lembaga lainya untuk agenda mendatang,” katanya.

Direncanakan usai Safari akan dilaksanakan penguatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pengurus. Sebelum menjalankan pendampingan hukum kepada masyarakat, pengurus harus lebih kuat kapasitasnya terlebih dahulu. “Penguatan internal itu penting, kedepan kita minta narasumber dara lintas instansi yang berkaitan dengan hukum untuk mengisi materi,” jelasnya.

Diketahui, LDP KumHam pusat diketuai oleh Didik Mukrianto yang juga anggota Komisi III DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Tuban dan Bojonegoro. Yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Karang Taruna Nasional. MUHAIMIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos