Published On: Jum, Agu 17th, 2012

Peringati Kemerdekaan, Relawan Tim SAR Upacara di Laut

Share This
Tags

Penulis : Pito Suwarsono

TUBAN

seputartuban.com – Dalam rangka memperingati Kemerdekaan Indonesia yang ke 67, ratusan relawan Tim SAR Tuban, Jumat (17/08/2012) pagi  melakukan upacara bendera di pantai Boom Tuban, guna mengenang kembali kejayaan dan perjuangan para pahlawan, di salah satu pelabuhan terbesar di Pulau Jawa kala itu.

Untuk memperingati Kemerdekaan Indonesia yang ke 67, sedikitnya seratus dua puluh relawan SAR dan para aktivis pecinta alam se-eks Karesidenan Bojonegoro, yaitu Tim SAR dari Tuban, Bojonegoro dan Lamongan, jumat (17/08/2012) pagi melakukan upacara bendera di pantai Boom Tuban.

Awalnya tiang bendera dipasang di tengah laut, namun karena ombak besar yang terjadi di Laut Jawa, tiang bendera akhirnya dipindahkan ke bibir Pantai Boom. Bahkan ketiga petugas pengibar bendera, mendekati tiang bendera dengan menggunakan perahu karet dan mengibarkan bendera tepat di bibir pantai.

Meski upacara dilakukan di bibir pantai yang pernah menjadi salah satu pelabuhan terbesar di Pulau Jawa diwaktu lampau ini, namun upacara bendera peringatan detik-detik Proklamasi tetap berjalan khidmad. Upacara sengaja dilakukan di pantai atau pelabuhan Boom ini, dimaksudkan untuk mengajak generasi muda, untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan, yang dulunya juga berjuang di pelabuhan Boom ini, pada saat melawan penjajah Belanda.

Pelabuhan Boom juga merupakan pelabuhan terbesar sejak massa penjajahan Belanda, yang juga turut membantu para pejuang Indonesia, dalam memperjuangkan kemerdekaannya.

Koordinator pecinta alam Tuban, Edy Toyibi saat dikonfirmasi seputartuban.com mengatakan bahwa, bersama para pecinta alam se-eks Karesidenan Bojonegoro, para aktivis pecinta alam ini mencoba membawa kembali atau mengenal bahwa potensi laut merupakan salah satu sumbangsih Kemerdekaan Indonesia. Sebab ditempat tersebut dulunya merupakan salah satu pantai atau pelabuhan terbesar di Pulau Jawa, yang juga turut membantu perjuangan Bangsa Indonesia.

Untuk itu pihaknya mengajak para pecinta alam untuk mencoba bangga terhadap NKRI dimana ditempat tersebut merupakan salah satu sumbangsih Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang diraih oleh para pejuang. “pantai boom ini juga turut memberikan sumbangsih terhadap kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Foto : Para relawan saat melakukan upacara bendera di Pabtai Boom Tuban

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos