Published On: Rab, Jan 9th, 2013

Peringati HUT, Satpam Saling Unjuk Keahlian

Share This
Tags

Penulis : Muhaimin/Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Para personil Satuan Pengamanan (Satpam) diwilayah Kabupaten Tuban, Rabu (9/1/2013). Mengikuti upacara Hari Ulah Tahun (HUT) Ke-32 dihalaman belakang Mapolres Tuban. Dalam kesempatan ini selain mengikuti upacara, mereka saling unjuk kemampuan.

Sebanyak 4 pertunjukkan diperagakan para Pengamanan Swakarsa ini. Diantaranya senam borgol, senam tongkat, Kempo dan Karate. Secara bergantian masing-masing regu memperagakan keahlianya.

Diantaranya saat kelompok Kempo memeragakan sejumlah teknik beladiri. Mulai teknik bertanding tangan kosong, menggunakan pisau, hingga meringkus penodong senjata api. Sedangkan regu karate dalam pertunjukkan puncaknya memperagakan teknik pemecahan benda keras dengan menggunakan siku.

Upacara diikuti ratusan satpam dari berbagai perusahaan. Dalam sambutannya, Timur mengatakan bahwa Polri tidak bisa sendirian dalam menghadapi berbagai gangguan dan ketertiban di masyarakat. Akhirnya dibentuklah pengamanan swakarsa (Pam Swakarsa) atas keinginan masyarakat yang dikukuhkan oleh Polri.

Hal ini menunjukkan bahwa Satpam merupakan Mitra Polisi. Yang telah dibekali pelatihan-pelatihan untuk turut serta mewujudkan Kemanan dan Ketertiban.

Sementara itu, Kapolres Tuban, AKBP Awang Joko Rumitro sebagai Inspektur Upacara (Irup), membacakan sambutan Kapolri Jendral Pol Timur Pradopo. Kapolri menyampaikan bahwa kegiatan HUT Satpam ini jangan hanya sebagai simbol kekuatan Satpam saja.

Namun diharapkan dapat meningkatkan komitmen moral dan disiplin secara konsisten sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas dan garda terdepan dalam penyelenggaraan PAM swakarsa. Lebih meningkatkan integritas, kualitas kompetensi dan pengetahuan agar dapat mendukung pelaksanaan tugas dengan optimal.  ” Karena satpam juga termasuk salah satu garda depan dalam membantu polisi untuk menegakkan hukum, ” kata Kapolres.

Diketahui, dalam kesempatan ini nampak hadir Ketua DPRD Tuban (Kristiawan), Ketua PN Tuban (Minannoer Rachman), Sekda Kabupaten Tuban, Kasi Intel Kejari Tuban, Utusan Kodim 0811 Tuban. Selain itu juga perwakilan sejumlah perusahaan yang memanfaatkan jasa Satpam.

Foto : Kapolres dan para undangan dan saat atraksi usai upacara HUT Satpam ke 32

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Luki berkata:

    satpamku TJP mlebu gambar eh.
    gak pakat

Videos