Published On: Kam, Des 20th, 2012

Perilaku Guru dan Kepala Sekolah Pengaruhi Kondisi Pendidikan

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

MERAKURAK

seputartuban.com – Mencetak generasi yang baik tidak harus dengan ilmu yang banyak. Melainkan dapat melalui prilaku yang baik. Sehingga para Kepala Sekolah dan guru harus dapat dijadikan contoh oleh muridnya.

Hal ini disampaikan Prof. Dr. Muhammad Nur, Guru Besar Fakultas MIPA Unesa Surabaya dalam kuliah umum Pendidikan Karekter di Graha Sandiya, PT Semen Gresik, kamis (20/12/2012). Desa Sumurgung, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

Dijelaskan guru bukan hanya dibutuhkan ilmu. Namun juga memiliki karakter atau sikap yang baik untuk dirinya dan menjadi contoh buat siswanya. Diantaranya berwawasan luas, contoh yang baik bagi siswanya, dan disiplin.

Dalam acara rangkaian kegiatan Bina Lingkungan Semen Gresik ini, Prof. Muhammad  Nur juga menyampaikan kejiwaan guru perlu distabilkan. Karena mengalami gangguan psikologi atau mental, dapat membuat karakter guru berubah. Dan ini akan mempengaruhi proses pembelajaran siswa.

“Menambah wawasan guru dan Kepala sekolah agar pendidikan karakter ini mampu mendongkrak guru dan Kepala Sekolah yang kurang memiliki karakter baik, “ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban, Sutrisno saat dikonformasi mengatakan bahwa, Kuliah umum ini sangatlah penting. Selain menambah wawasan juga menjadikan dunia pendidikan maju. “Watak itu harus dibina, karena lebih sulit membangun karakter dari pada belajar matematika,” jelasnya.

Foto : Prof. Dr. Muhammad Nur, Guru Besar Fakultas MIPA Unesa Surabaya saat menyampaikan kuliah umum

Facebook Comments

About the Author