Published On: Kam, Jun 25th, 2015

Perhutani Parengan Komitmen Berdayakan Masyarakat

TUBAN

penerimaan bagi hasil hutan1seputartuban.com – Masyarakat sebagai garda depan dan mitra Perhutani dalam mengelola serta menjaga kawasan hutan bukan ibarat habis manis sepah dibuang. Artinya, masyarakat tak cuma sekedar barisan untuk kepentingan instan akan tetapi merupakan aset sepanjang masa.

Meninggikan spirit itu Perhutani KPH Parengan berkomitmen menjaga sinerjitas dengan masyarakat seputaran hutan, melalui serangkaian program berbasis kesejahteraan yang bersumber dari hutan itu sendiri.

Salah satu program yang telah bergulir sejak setahun lalu ini adalah membangun kemandirian masyarakat kawasan hutan

Sebanyak tiga LMDH wilayah kawasan Perhutani Parengan terima penyerahan bagi hasil produksi kayu, penghargaan tersebut di berikan atas berhasilnya kerjasama antara pemerintah Desa Pinggir Hutan dan pihak LMDH dalam menjaga keberlangsungan hutan terang administratur perhutani parengan Daniel budi cahyono.

“Kami berharap dengan terselenggaranya program ini ke depan semakin dapat di maksimalkanya sinergytas antara LMDH dengan Pemerintah Desa setempat sehingga kedepanya lebih dapat meningkatkan taraf hidup dan lebih memaksimalkan tingkat pendidikan serta kesehatan masyarakat” terangnya senin (22/06/2015) sore.

Penyelarasan program tersebut di antaranya adalah menyelaraskan undang-undang desa yang di implikasikan ke dalam implementasi PHBM, maka dengan memanfaatkan kunci undang-undang desa tersebut di harapkan dapat  lebih membangun tingkat kemandirian masyarakat pinggir hutan.

“kami harap bagi hasil produksi ini benar-benar di kelola dengan baik sehingga dapat di manfaatkan, dengan catatan , peruntukan anggaran benar-benar di gunakan untuk kegiatan penyelarasan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat sehingga benar-benar tersingkronisasi dengan baik”

LMDH tersebut di antaranya adalah LMDH Wono Makmur Desa Tanggir Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro, LMDH Sidoarjo Asri Desa Sidoharjo Kecamatan Senori Kabupaten Tuban, dan LMDH Bangun Wono Mulyo Desa Mulyorejo Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban.

Sedang untuk bagi hasil yang di serahkan di antaranya berjumlah Rp 40.831.240 di berikan pada LMDH Bangun Wonorejo, Rp. 39.361.210 untuk LMDH Wono Makmur dan Rp. 23.358.770 di berikan ke LMDH Sidoarjo Asri.

“program ini mulai di laksanakan tahun ini, semoga ke depan dengan makin meningkatnya hasil hutan maka kesejahteraan masyarakat akan semakin baik” pungkasnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author