Published On: Sab, Mei 30th, 2015

Perhutani KPH Tuban Ringkus Kurir Kumbung

TUBAN

DISERAHKAN : Proses penyerahan pengemudi pick up pengangkut batu kumbung di Polres Tuban

DISERAHKAN : Proses penyerahan pengemudi pick up pengangkut batu kumbung di Polres Tuban

seputartuban.com – Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tuban memburu penambang kumbung diwilayahnya. Kamis (28/05/2015) areal tambang di kawasan Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Merakurak diobrak petugas.

Waka Administratur Perhutani KPH Tuban wilayah barat, Muhlisin mengatakan di kawasan Desa Koro, Desa Pongpongan, Polhutmob mengamankan Nasiran, warga setempat. Dia diamankan karena mengangkut batu kumbung dari lokasi tambang dengan menggunakan pick up Nopol B 9714 WJ.

“Hari ini kami mengamankan seseorang yang kedapatan sedang mengangkut batu kumbung dari tambang illegal di wilayah BKPH merakurak,” terangnya.

Namun saat dilokasi, penambang kumbung sudah kabur terlebih dahulu dengan meninggalkan peralatan tambangnya. Barang bukti berupa 1 gancu, 1 linggis, 4 gergaji ukuran sedang.

“Kami hanya dapat mengamankan seorang pelaku yang ketika itu sedang mengendarai kendaraanya dan hendak membawa hasil tambang keluar lokasi. Sedangkan pelaku lainya lari dari lokasi tambang karena beberapa temanya berteriak begitu mengetahui kami datang,” imbuhnya Waka Adm.

MENUMPUK : Barang bukti gergaji dan alat tambang kumbung lainya disita petugas dan diamankan di Kantor Perhutani KPH Tuban

MENUMPUK : Barang bukti gergaji dan alat tambang kumbung lainya disita petugas dan diamankan di Kantor Perhutani KPH Tuban

Warga yang ditangkap langsung diserahkan ke Satreskrim Polres Tuban untuk diproses hukum. Karena telah melanggar undang-undang kehutanan.

Sejak ditingkatkan razia, sebanyak 228 unit gergaji  baik dari ukuran kecil, sedang hingga gegaji ukuran besar diamankan sebagai barang bukti. Alat tambang tradisional ini diamankan dari sejumlah lokasi penambangan kumbung. Saat diamankan pemiliknya sudah kabur terlebih dahulu.

Lokasi razia yang sudah dilakukan dan menyita barang bukti dari kawasan BKPH Jadi RPH Gesikan petak 5, petak 7 petak 8 petak 22 petak 25. BPKH Semangding, RPH Bogor petak 15, petak 16, petak 18, petak 20, petak 21, petak 26.

Tindakan ini menurut Muhlisin akan terus ditingkatkan hingga wilayah Perhutani KPH Tuban bersih dari aktivitas penambang kumbung. Selain itu akan dioptimalkan sosialisasi kepada masyarakat khususnya terdapat lokasi penambang kumbung. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author