Published On: Jum, Apr 28th, 2017

Perhatian Aster Kasad Percantik Rumah Tuhan Lokasi TMMD

seputartuban.com, PLUMPANG – Perhatian Aster Kasad TNI, Brigjen Widagdo Hendro Sukodo, saat meninjau lokasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0811 Tuban, di Dusun Bangolan, Desa Sumurjalak, Kec. Plumpang berdampak besar. Semangat prajurit dan masyarakat bangkit untuk mempercantik Masjid Miftakhul Huda.

Perbaikan yang dilakukan Satgas TMMD ke 98 dan masyarakat di rumah Allah SWT tersebut adalah pembangunan pondasi samping, perbaikan tembok dan teras. Karena kondisi bangunan sebelumnya selain kecil juga sangat perlu peremajaan.

    Menurut salah satu pengurus Masjid, Suwarto menceritakan awalnya Masjid tersebut adalah mushola pribadi milik keluarganya. Kemudian diwakafkan kepada warga. Kemudian lambat lain banyak warga yang menggunakanya untuk ibadah hingga akhirnya berfungsi sebagai masjid. Termasuk digunakan sholat Jumat, meski kondisi bangunanya kayaknya sebuah mushola.
     menambahkan, saat ada kunjungan Aster Kasad melihat kondisi Masjid. Kemudian dia dipanggil dan langsung menerima bantuan Rp. 10 juta yang diamanatkan untuk membangun rumah Tuhan itu. Dia mengaku terharu dan tidak mengira bantuan yang diterimanya cukup banyak.

    “Saya tidak mengira kalau dapat bantuan dana sebanyak ini, Syukur alhamdulillah..ditambah lagi tenaga tukangnya dibantu oleh TNI, jadi bisa menghemat biaya,” ungkap Suwarto, Kamis (27/4/2017).

    Sementara Dan SSK Satgas, Kapten Inf Prayitno mengatakan, pihaknya melibatkan anggota dalam pembangunan masjid ini, karena saat ini kegiatan Satgas yang sudah tidak padat lagi. Karena sasaran kegiatan TMMD yang tinggal sedikit, selain itu untuk membantu warga agar lebih menghemat dalam penggunaan dana. Setidaknya tidak menganggarkan honor tenaga kerja. Sehingga penghematan yang dilakukan cukup banyak, dan dapat digunakan untuk membeli bahan bangunan.

    “In diluar dari sasaran TMMD, akan tetapi kami siap membantu tenaga tukang, mengingat pembangunan sasaran TMMD tinggal finishing saja. Jadi kita libatkan sebagian anggota Satgas untuk mengerjakan masjid ini,” ungkapnya.

    Perwira yang dikenal dekat dengan warga Desa Sumurjalak itu juga menambahkan, selain menjalankan tugas dan fungsinya, pembangunan Masjid juga merupakan panggilan jiwa sebagai manusia. “Ini tanggungjawab moral kita untuk membantu. Setiap hari Jumat kita juga ikut sholat berjamaah. Kita ikut merasakan apa yang dirasakan masyarakat yang butuh perbaikan Masjid,” tegasnya. ARIF AHMAD AKBAR

    Facebook Comments

    About the Author