Published On: Ming, Sep 4th, 2016

Peremajaan Pasar Jatirogo Capai Rp. 8 Miliar Lebih

JATIROGO

seputartuban.com – Tahun ini pemerintah akan merevitalisasi Pasar Jatirogo dengan dana sebesar Rp. 5,9 Miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Revitalisasi tersebut dengan tujuan untuk menjadikan pasar tradisional itu agar berstandar nasional (SNI).

ilustrasi uang

ilustrasi uang

Kabid Perdagangan Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Pemkab Tuban, Bhismo Setyo Adji, mengatakan kementerian Perdagangan telah menyiapkan dana tersebut untuk standarisasi pasar Jatirogo agar berstatus SNI.

Revitalisasi tersebut meliputi perbaikan drainase, pembangunan kios pasar di bagian timur, perbaikan jalan antar kios, hingga penataan los di bagian timur. “Akan kita benahi bagian timur, karena yang bagian barat tahun 2014 sudah kita benahi penuh,” jelas Bhismo.

Saat ini proyek tersebut baru selesai proses lelangnya. Proyek pembangunan pasar tersebut dilakukan oleh PT Subur Jaya Prima. Ditargetkan pertengahan Desember 2016 revitalisasi harus selesai. “Kami berharap pembangunan cepat dilaksanakan, agar sesuai target,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, Disperpar juga akan mengusulkan anggaran dalam APBD 2017 dengan nilai sebesar Rp. 3 miliar untuk peremajaan pasar tersebut. Bhismo menambahkan upaya standarisasi SNI hingga peremajaan tersebut sebagai wujud menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Diketahui sebelumnya, sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Tuban juga telah direvitalisasi, yakni, Pasar Baru Tuban, dan Pasar Karang Agung Palang. Untuk Pasar Baru Pemkab Tuban menggelontorkan anggaran Rp. 2,55 Miliar. Sumbernya dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp. 1,85 miliar dan dari APBD sebesar Rp. 700 Juta. Sedangkan untuk Pasar Karangagung, disediakan dana sebesar Rp. 200 Juta dari APBD. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author