Published On: Rab, Jul 13th, 2016

Perbup Tentang Pilkades Serentak Belum Ditandatangani

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Sebanyak 36 Desa di Kabupaten Tuban belum memiliki dasar hukum secara teknis pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Karena masih menunggu Peraturan Bupati (Perbup) yang saat ini belum diterbitkan.

pilkadesKasubag Perundang undangan Kabag Hukum Setda Tuban, Cyta Suryawijati, mengatakan Perbup yang dimaksud tersebut sudah diselesaikan oleh tim Bagian Hukum (Bagkum) Sekretariat Daerah Kabupaten Tuban.

“Meski sudah difinalkan oleh Bagkum serangkaian proses masih harus dilalui. Masih ada tahapan lagi hingga sampai pada proses penekenan Perbup oleh Bupati,” kata Cyta, Senin (12/7/2016).

Pengajuan Perbup tentang Pilkades serentak terus dinaikkan, mulai dari Asisten, Sekda, Wakil Bupati hingga terakhir ke Bupati. Hingga akhirnya Perbup tersebut disahkan. “Saat ini Perbup sudah sampai di Pak Wabup untuk dikaji,” lanjutnya.

Selama proses untuk dikaji dan dikoreksi hingga penekenan oleh Bupati tersebut bisa jadi akan ada perubahan, tentu tidak secara keseluruhan. Jika ada perubahan tidak mungkin banyak, pihaknya meyakini sebagian besar sudah dianggap relevan.

Cyta menambahkan, Perbup yang ditunggu tunggu tersebut juga menyesuaikan dengan beberapa peraturan diatasnya. Diantaranya, Undang Undang (UU) No 6 tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Daerah (Perda) No 7 tahun 2015 tentang Pilkades. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author