Published On: Rab, Jul 20th, 2016

Perbup Pilkades, Dipastikan Panitia Dapat Rp. 7.500 Tiap Suara

TUBAN

seputartuban.com – Pemerintah Kabupaten Tuban siap gelontorkan dana sebesar Rp 10 Juta untuk mendukung terselenggaranya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada  Kamis (8/12/2016) mendatang.

Sosialisasi Perbup Pilkades

Sosialisasi Perbup Pilkades

Hal itu disampaikan Kepala Bapemas, Pemdes, dan KB Kabupaten Tuban, Mahmudi dalam sosialisasi mengatakan bantuan dana tersebut sudah pasti. Sesuai Peraturan Bupati Nomor 26 Tahun 2016 tentang biaya pemilihan kepala desa. Biaya ditambah bantuan keuangan untuk tiap hak pilih sebesar Rp 7.500 sesuai dengan jumlah hak pilih yang ada dimasing-masing desa.

“Sosialisasi ini merupakan persiapan, harapan kami untuk aturan yang telah dibuat dan disepakati bersama ini dapat diselaraskan seluruh lapisan masyarakat sebagaimana mestinya,” terangnya saat ditemui usai kegiatan, Senin (18/7/2016) siang.

Bantuan dana tersebut untuk mendukung dan menyukseskan Pilkades. Besaran biaya itu diberikan sesuai dengan kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tuban.

Kegunaanya untuk menunjang keperluan pengumunan, undangan, pembuatan kotak suara, surat suara, pembuatan tanda gambar dan administrasi lainya. Serta pembuatan bilik tempat pemilihan, honorarium panitia serta petugas, biaya pengamanan tingkat desa. Biaya sewa alat pengeras suara, tenda, papan hitung suara, kursi dan meja, hingga biaya pelantikan.

“Untuk memantau penggunaanya, kami dibantu uleh petugas panitia yang sudah dibentuk masing-masing kecamatan. Seluruhnya dari unsur perangkat, lembaga, tokoh agama, dan masyarakat,” lanjut Mahmudi. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author