Published On: Rab, Mar 1st, 2017

Perbaikan Wisata Pemkab Tuban Dianggarkan Rp. 3 Miliar

seputartuban.com, TUBAN – Pemkab Tuban menganggarkan dana dalam APBD tahun 2017 sebesar Rp 3 miliar untuk pengembangan tempat wisata yang dikelola oleh Pemkab Tuban. Jumlah itu akan digunakan dalam sejumlah program.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Pemkab Tuban, Sulistiyadi

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban, Sulistyadi mengatakan anggaran itu untuk peremajaan wisata yang dikelola Pemkab Tuban. Yakni Pemandian Bektiharjo untuk tempat parkir pengunjung dan penambahan wahana sebesar Rp. 2 miliar.

Sedangkan dana Rp. 1 miliar akan digunakan untuk perluasan lahan Pantai Boom, yakni pembangunan tangkis penahan ombak. “Kita akan lakukan pembenahan infrastruktur di wisata pemandian bektiharjo dan Pantai Boom,” katanya, Senin (27/2/2017).

Sedangkan untuk wisata Gua Akbar, Pemkab Tuban tidak menganggarkan untuk pengembanganya. Pasalnya, lokasi wisata tersebut terlalu ramai dan berdekatan dengan pasar, sehingga kurang efektif untuk dilakukan pengembangan. “Goa akbar lokasinya berdekatan dengan pasar, sehingga kita kesulitan untuk melakukan pembenahan dan pengembangan,” ungkapnya.

Sulistyadi menambahkan bahwa selain perbaikan infrastruktur, juga akan melakukan perbaikan manajemen. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kasus korupsi maupun pungli yang baru-baru ini terjadi di tempat wisata Bektiharjo dan Pantai Boom seperti yang dibongkar Polres Tuban melalui operasi tangkap tangan (OTT). “Kita terus melakukan pembinaan terhadap petugas wisata dan melakukan roling agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” sambungnya.

Sementara itu, untuk tempat-tempat wisata yang ada di Kecamatan maupun desa, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Tuban akan melakukan pembinaan. Tempat wisata yang potensial tersebut akan diarahkan untuk dikelola oleh pihak desa setempat, sehingga menjadi BUMDes. “Yang ada di desa akan kita arahkan dan bina agar menjadi BUMDes, sehingga dapat menambah penghasilan desa tersebut,” pungkasnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author