Published On: Sab, Des 10th, 2016

Peran dan Fungsi Empat Pilar Dalam Ujian Kebangsaan Dalam Masyarakat

TUBAN

seputartuban.com – Indonesia beberapa hari terakhir sedang mengalami ujian kebangsaan. Dimana potensi disintegrasi akibat isu sara dan dugaan penistaan agama yang dilontarkan oleh salah satu kepala daerah negeri ini memicu reaksi yang hebat.

Gedung DPR

Banyak tanggapan dan pandangan yang muncul dikarenakan kasus ini berujung ke pengadilan dan memicu timbulkan jurang perbedaan kebersamaan dalam berbhineka tunggal ika. Oleh karenanya dalam rangka mengkukuhkan nilai – nilai fundamental kehidupan bersama dalam berbangsa dan bernegara, sesuai dengan tugas konstitusional yang diemban, Didik Mukrianto, SH.,MH selaku anggota MPR RI kembali mengadakan kegiatan sosialisasi empat pilar di daerah pemilihannya Jatim IX (Tuban) sebagai bentuk memberikan pemahaman nilai – nilai luhur bangsa yang terdapat pada empat pilar.

Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat Tuban terdiri dari utusan organisasi pemuda, tokoh masyarakat dan pemuka agama, (09/12/2016). Dalam pemaparannya Sekretaris Fraksi Partai Demokrat ini menyampaikan tentang peran dan fungsi empat pilar dalam bermasyarakat.

“Pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam 4 Pilar MPR, akan mampu menguatkan jati diri bangsa dan menjadi filter terhadap nilai-nilai budaya yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa”, ungkap Didik Mukrianto

Ketika ujian bernegara datang, pengamalan nilai-nilai 4 Pilar MPR akan mampu menjadi solusi efektif dalam menghadapi tantangan dan ancaman itu. Karena sejak awal berdirinya Negara Kesatuan Repbublik Indonesia, Para pendiri negara menyadari bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk karena terdiri atas berbagai suku bangsa, adat istiadat, budaya, bahasa daerah, serta agama yang berbeda – beda. Dengan keanekaragaman tersebut, mengharuskan setiap langkah dan kebijakan negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diarahkan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Untuk itu dalam segenap Nilai-nilai luhur Pancasila, Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia serta Bhineka Tunggal Ika selain harus benar-benar dipahami juga harus diamalkan oleh segenap elemen bangsa. Karena dengan mengamalkan nilai-nilai tersebut dapat kita yakini bangsa Indonesia akan mampu mewujudkan diri bangsa yang adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat,” penjelasannya disela-sela mengisi materi. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author