Published On: Sel, Jun 28th, 2016

Perampok Sadis Lintas Provinsi Ditangkap

TUBAN

seputartuban.com – Komplotan perampok sadis lintas provinsi yang biasa beraksi di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur ditangkap anggota jajaran Polres Tuban. 4 pelaku dari 8 orang harus sudah diamankan dan diproses hukum. Kini menjalani penyidikan dan ditahan.

PERAMPOK SADIS : Wakapolres Tuban, Kompol Arief Kristanto menunjukkan barang bukti yang disita dari tersangka

PERAMPOK SADIS : Wakapolres Tuban, Kompol Arief Kristanto menunjukkan barang bukti yang disita dari tersangka

Mereka yang sudah diamankan adalah Darni (34) warga Desa Sidonganti, Kecamatan Kerek yang berperan mencongkel jendela rumah menggunakan linggis. Agar kawananya dalam masuk rumah dan menguras harta benda berharga.

Waringin (35), warga Dusun Koro, Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, berperan mengamankan situasi dari luar rumah korbanya.

Keduanya digelandanag ke Polres Tuban  setelah melakukan aksi kejahatanya di rumah pengusaha besi tua wilayah Desa Sobontoro, RT 03,  RW 05, Kecamatan Tambakboyo, Senin (23/5/2016) pukul 03.00 WIB lalu.

Dari wilayah tersebut, kawanan perampok yang selalu membawa golok sepanjang 1 meter tersebut berhasil mebawa 1 unit sepeda motor jenis Honda Vario 150 warna Hitam Nopol S 4737 GU. Sebuah kotak perhiasan emas berisikan kalung, liontin, cincin, gelang, dan giwang dengan total taksiran kerugian antara  Rp.  40 juta hingga 50 juta.

Para pelaku saat beraksi tidak segan melukai korbanya agar berhasil. Hal itu diungkapkan salah satu pelaku, Darni kepada penyidik. “Penangkapan ini merupakan pengembangan dari kawanan DPO pencuri sapi yang sudah kami amankan terlebih dulu,” terang Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad, Senin (27/6/2016) di Mapolres Tuban.

Hasil pengembangan petugas, 2 terangka lain berhasil diamankaan berikutnya. Mereka ialah Susilo (31) warga Dusun Krajan, Desa Pakel, Kecamataan Montong. Serta Mulyadi (46) warga Dusun Banjaranyar, Desa Kalipang, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Kedua tersangka tersebut perperan sebagai penadah barang hasil curian.

Sedangkan saat ini Pihak Unit II Satuan Reserse Kriminal (Sat Res Krim) Polres Tuban tengah melakukan pengejaran terhadap 4 tersangka lain yang seluruh identitasnya sudah diketahui. Para pelaku yang sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) tersebut masing adalah berinisial A, N, U,dan T.

“Kedua tersangka akan dikenakan pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun. Sedangkan penadah akan dikenakan pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman selama 4 tahun,” imbuh Kapolres.

Pihak penyidik saat ini masih melakukan pendalaman terhadap masing-masing tersangka. Untuk mengetahui masing-masing tersangka pernah terlibat tindak kejahatan lain.

Sedangkan barang bukti atas tindakan itu, untuk keperluan penyidikan petugas menyita sebuah linggis dengan panjang 80 CM. Sebilah pedang dengan panjang 1 meter, 2 unit ponsel milik pelaku, kotak perhiasan dan 1 unit sepeda motor milik korbanya.

“Kami masih melakukan pengembangan untuk mengungkap apakah masih ada keterlibatan tersangka lain ataupun tindak kejahatan lain yang pernah dilakukan oleh pelaku,” pungkasnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author