Published On: Rab, Jun 4th, 2014

Perahu Kandas Relawan SAR Malah Cangkrukan

Share This
Tags

TUBAN

TIDAK JALAN : Kondisi perahu BPBD saat kandas

TIDAK JALAN : Kondisi perahu BPBD saat kandas

seputartuban.com–Pelatihan relawan search and rescue (SAR) yang digelar badan penanggulangan bencana daerah (BPPD) Tuban, berubah centang perentang saat memasuki materi evakuasi lapangan di kawasan Mangrove Centre, Rabu (04/06/2014) siang.

Akibatnya, pelajaran sempat terhenti saat kapal yang dibuat pelatihan terdampar. Pemandangan kontraspun terjadi karena pada saat para instruktur berjuang menarik kapal ke tepi pantai, justeru para peserta pelatihan hanya duduk-duduk saja di pesisir sambil menunggu pelatihan dimulai.

Meski begitu, insiden kecil dalam pelatihan yang dikuti relawan di daerah tanggap darurat, wartawan Tuban serta perwakilan mahasiswa kembali berjalan normal.

Kasi Pencegahan dan Kesiap Siagaan BPBD Tuban, Saefiyuddin, mengatakan pelatihan tim relawan SAR itu dilakukan untuk memberikan pengetahun dalam melakukan penanganan dan penanggulangan bencana.

Mengingat, sambung dia, saat ini masih banyak masyarakat yang benyak belum tahu bagaimana cara melakukan penanganan bencana yang sedang terjadi. Selain itu, juga untuk memperluas jaringan serta meningkatkan kerjasama terhadap relawan yang saat ini sudah ada.

Materi utama difokuskan bencana banjir. Sebab wilayah Kabupaten Tuban termasuk daerah yang menjadi laintasan dari Sungai Bengawan Solo yang setiap tahunnya berpotensi meluap.

“Kita berharap dengan pelatihan ini nantinya masyarakat bisa memahami bagaimana tata cara menanggulangi bencana yang datang dengan tiba-tiba,” kata Asep, panggilan akrabnya,

Dijelaskan, program pelatihan relawan ini akan dilakukan secara berkelanjutan. Untuk itu, dia berharap setelah pelatihan semua relawan bisa menyebarkan ilmunya kepada masyarakat di mana dia tinggal. MUHLISHIN

 

Facebook Comments

About the Author