Published On: Sel, Jun 7th, 2016

Penyakit Mematikan Ini Dapat Sembuh Dengan Puasa

TUBAN

seputartuban.com – Rajin berpuasa berdampak baik pada kesehatan, secara teknik medis dapat menyembuhkan berbagai penyakit berbahaya seperti seperti kolesterol, jantung, stroke, darah tinggi, dan asam urat.

SAIFUL HADI: Ambulan yang ada saat ini paling muda pembelian tahun 2009. Tapi kebanyakan pembelian  tahun 2005. Banyak yang sudah sering mogok saat mau dipakai.

SAIFUL HADI

Hal itu disebutkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Saiful Hadi menjelaskan bahwa berpuasa memiliki kasiat utama pada kesehatan dan kejiwaan, yakni kesehatan jiwa dan kesehatan fisik. “Ada 2 kasiat utama dalam berpuasa jika dikaitkan dengan kesehatan, diantaranya kesehatan jiwa, karena puasa melatih kesabaran yang berdampak langsung terhadap kesehatan fisik. Maka dengan jiwa yang sabar akan berdampak langsung pada meningkatnya hormon endorphin,” terangnya, Senin (6/6/2016).

Masih menurut Saiful puasa akan berdampak baik bagi kesehatan jika dilaksankan dengan aturan yang benar. Yakni mampu membersihkan tubuh dari racun yang terakumulasi didalam tubuh, mengurangi dampak kelebihan lemak dalam tubuh. Serta mengurangi kelebihan kadar gula dalam darah yang disebabkan makanan-makanan olahan yang mengandung zat kimia.

Dari berbagai makanan itu dapat menjadi racun dan membahayakan bagi tubuh, karena sebagian besar racun tersebut tersimpan di dalam lemak, maka dengan berpuasa lemak tersebut akan terbakar dan akan terus terbakar jika melaksanakan puasa selama berkelanjutan. Racun tersebut terdapat dalam organ hati, organ ginjal, serta organ lain yang melakukan proses dotoksifikasi. Serta mampu mengurangi kadar gula dalam darah, karena pencernaan saat  berpuasa cenderung meningkatkan pemecahan glukosa agar tubuh dapat memperoleh energi serta meningkatkan pembakaran lemak dan melepasnya menjadi energi. Baik itu lemak yang tersimpan di dalam ginjal, maupun lemak yang tersimpan otot.

Selain itu, puasa dapat menyehatkan sistem pencernaan, karena  pencernaan akan beristirahat, sedangkan fungsi fisiologis pencernaan tetap berjalan normal terutama produksi sekresi pencernaan. Meskipun dengan jumlah yang berkurang mampu menjaga keseimbangan cairan didalam tubuh yang secara tidak langsung mampu menyembuhkan sembelit, kembung dan grastiris.

Beberapa manfaat lain dari berpuasa ialah mampu menurunkan hipertensi, karena selama berpuasa simpanan lemak dan glukosa digunakan untuk menghasilkan energi, menurunkan tingkat metabolik tubuh sehingga metabolisme tubuh stabil yang berdampak pada penurunan tekanan darah. Serta, mampu membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat karena timbunan lemak dalam tubuh berkurang dengan drastis. Serta meningkatkan kekebalan tubuh, ini terjadi karena pelepasan racun dan pengurangan timbunan lemak dalam tubuh selama puasa membuat sesorang berkecenderungan lebih mengawali makan dengan buah-buahan segar dan mengandung air.

Hal itu meningkatkan asupan vitamin dan mineral karena buah-buahan merupakan sumber anti oksidan terbaik. Namun berpuasa tidaklah dapat dijadikan sebagai strategi menurunkan berat badan, berpuasa hanya dapat menjaga berat badan tetap seimbang dan hidup berkualitas.
Karena dengan puasa mampu mengurangi keinginan untuk memakan makanan tidak sehat dan lebih mendorong keinginan untuk memakan makanan alami terutama makanan yang amengandung kadar air seperti buah-buahan. “Dari  pola makan yang diatur sedemikian rupa itu, puasa dapat pula dikatakan mempromosikan penyembuhan penyakit,” pungkasnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author