Published On: Sen, Agu 1st, 2016

Penjual Atribut Kemerdekaan Mulai Muncul

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Pedagang musiman Bendera nasional merah putih dan atribut khas kemerdekaan lainnya mulai bermunculan. Bahkan mulai menjamur memasuki bulan Agustus, bulan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 71. Mereka berjualan secara asongan maupun menetap di pinggir jalan dan pertokoan.

MULAI RAMAI : Penjual atribut kemerdekaan

MULAI RAMAI : Penjual atribut kemerdekaan

Pedagang asongan yang mangkal di Bundaran Patung Letda Sucipto, Sukiman, mengatakan, dirinya mulai berjualan baru beberapa hari kemarin. “Saya baru kemarin mulai jualan, memang setiap bulan Agustus menjual bendera,” pengakuannya, Minggu (31/7/2016).

Dia menjual daganganya kepada pengguna jalan, jika ada tempat ramai juga akan didatanginya. Sedangkan dagangan yang dijual jenis atribut kecil khas kemerdekaan. “Dimana tempatnya ramai, ya disitu saya jualan,” tutupnya.

Dia menjelaskan, bendera, umbul-umbul dan atribut lainnya sudah pesan jauh jauh hari dari Kudus dan Semarang. Selain itu, beberapa barang lainnya juga dia buat dari buah tangannya sendiri. Untuk bendera dibandrol dari Rp. 20 ribu sampai Rp. 60 ribu. Untuk umbul-umbul ia jual dengan harga Rp. 20 ribu hingga Rp. 100 ribu, tergantung panjangnya dan bentuknya.

Dia juga memperkirakan tahun ini pembeli atribut nasionalisme lebih banyak, karena bulan Agustus tahun ini tidak bersamaan dengan bulan puasa. Karena menurutnya pendapatan bersih berdagang tahun lalu tergolong sedikit. “Kira-kira tahun lalu hanya untung sekitar Rp. 2 jutaan, itu hampir 2 bulan berjualan,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author