Published On: Jum, Sep 7th, 2012

Pengungkapan Ikan Asin Berformalin, Tamparan Bagi Pemkab

Share This
Tags

Penulis : Muhaimin

TUBAN

seputartuban.com – Praktek produksi ikan asin berformalin di Desa Glodok, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban yang diungkap Satreskrim Polres Tuban nampaknya menjadi tamparan kepada pihak-pihak yang berwenang. Pasalnya sejumlah pengakuan yang mengherankan disampaikan tersangka di Mapolres Tuban.

Diantaranya, dari 3 pelaku yang sudah diamankan, diduga masih ada puluhan produsen lain yang membuat ikan asin berbahaya ini. Serta praktek ini sudah dilakukan sekitar 2 tahun lalu dengan aman dan lancar dengan wilayah pemasaran luar maupun untuk masyarakat Tuban. Berarti selama 2 tahun ini masyarakat telah dikorbankan, lantaran pengawasan pihak terkait yang kurang serius.

Lantaran, mereka dalam membuat ikan asin selain menggunakan formalin, juga memakai ikan busuk yang didaur ulang lagi. Dan nampaknya hal ini jauh hari sebelum terungkap polisi, Dinas Kesehatan (Dinkes) sudah mengetahui. Namun karena tidak memiliki wewenang penertiban, hal ini dibiarkan dan dilakukan sosialisasi saja.

Sementara itu, Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata, Pemkab Tuban, Farid Achmadi saat dikonfirmasi, Kamis (06/09/2012) mengatakan pihaknya tidak mau disudutkan terkait hal ini. Karena menurutnya ada tim terpadu gabungan dari sejumlah dinas yang berhak menangani kasus ini. “Ada petugas khusus yang terdiri dari kita, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan dan Kalautan, Satpol PP. Jadi tidak hanya kita saja yang menanganinya,” jelasnya.

Sementara, itu dengan kejadian in Farid justru merasa terbantu. Karena masyarakat akan lebih mudah disadarkan karena sudah jelas buktinya akan berurusan dengan hukum.”Ya dengan kejadian ini setidaknya akan menjadi pelajaran bagi masyarakat. Kita gunakan sebagai bahan sosialisasi,” kilahnya.

Foto : Para tersangka produsen ikan asin berformalin saat di Mapolres Tuban

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Pakde Mashari berkata:

    semoga dg kejadian ini Masyarakat dan Pihak Pemerintah yg terkait lebih Intens lagi dalam melakukan Swiping demi Kesehatan dan Keamanan Konsumen tp bukan ikan asin saja dan saya kira masih banyak Produk Rumahan yg berformalin. terutama Bahan Pewarna Kain dan bahkan bahan kimia lainya.

Videos