Published On: Sab, Mar 7th, 2015

Pengrajin Akik Kebanjiran Pesanan

Share This

SEMANDING

LARIS MANIS : Pengrajin akik sedang memoles batu akik milik konsumen, Jumat (06/03/2015)

LARIS MANIS : Pengrajin akik sedang memoles batu akik milik konsumen, Jumat (06/03/2015)

seputartuban.com – Lagi maraknya bisnis akik membuat pengrajin cincin di kawasan Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban ini kebanjiran pesanan. Bahkan pesanan juga datang dari luar pulau.

Pengrajin yang berada di kawasan Pemandian Bektiharjo, Kec. Semanding ini mempekerjakan 4 orang untuk mengasah batu akik maupun membuat cincin tempat batu dipasang. “Ada yang memesan dari sulawesi dan banyak juga dari luar kota,” ungkap Irwanto (39), pemilik usaha, Jumat (06/03/2015) siang.

Irwanto memulai usahanya sejak 1 tahun lalu, seiring dengan semakin maraknya akik, berdampak pada usahanya juga turut berkembang. Untuk pemolesan batu akik yang kecil ia bandrol Rp. 20 ribu per batu. Ukuran sedang hingga besar ia membandrol dengan harga Rp.25 ribu sampai Rp. 50 ribu.

“Saya dulu kerja serabutan, sekarang dapat memperkerjakan 4 karyawan,” ungkap pria asli Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding itu.

Setiap pengerjaan akik membutuhkan waktu beberapa hari. Karena harus memoles batu hingga membuat cincinya sesuai ukuran yang telah dipesan konsumen. Banyaknya pesanan yang meminta cepat jadi membuat pengrajin kewalahan. “Kalau omzetnya ya lumayan lah, tidak tentu,” pungkas Irwanto. WANTI TRI APRILIANA

Facebook Comments

About the Author