Published On: Kam, Jan 12th, 2017

Pengisian Lowongan Sekdes Masih Belum Jelas

seputartuban.com, TUBAN – Hingga saat ini pengisian lowongan jabatan Sekretaris Desa (Sekdes) di Kabupaten Tuban masih belum ada kejelasan. Karena aturan yang menjadi dasar pelaksanaanya masih belum ada.

Sebenarnya peran Sekdes sangatlah penting di pemerintahan desa. Karena Sekdes merupakan ujung tombak dalam pengelolaan administrasi desa, apalagi dengan adanya Dana Dea (DD) yang cukup banyak, peranya semakin dibutuhkan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana mengatakan bahwa Pemkab Tuban masih menunggu realisasi dari Perda tentang perangkat desa. Saat ini Sekdes yang ada sudah berstatus PNS, sedangkan berdasarkan UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, status Sekdes dikembalikan seperti sebelumnya yaitu sebagai perangkat desa.

Sehingga dengan adanya peralihan tersebut dan sesuai dengan aturan yang ada maka Sekdes yang ada saat ini harus ditarik dan diisi dengan Sekdes yang baru yang bukan PNS. Hal itu yang hingga saat ini Pemkab masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat. “Kita masih menunggu disahkannya Perda tentang perangkat desa dan menunggu petunjuk teknis dari pusat,” kata Sekda, Rabu (11/1/2017).

Sedangkan rekrutmen Sekdes sesuai dengan aturan yang ada akan dilakukan dengan cara tes seperti rekrutmen perangkat desa lainnya. Sehingga dengan sistem ini diharapkan dapat menghasilkan perangkat desa yang benar-benar berkompeten. Sebab saat ini tugas dan tanggung jawab perangkat desa semakin berat. Serta dana yang harus dikelola desa juga besar dengan digelontorkannya DD oleh pemerintah pusat. “Tugas dan tanggungjawab Sekdes sangat berat sebagai pengelola administrasi desa,” sambungnya.

Sementara itu, untuk Sekdes yang berstatus PNS ditarik dan di tempatkan di Kecamatan maupun SKPD. Tetapi bila masih ingin menjadi Sekdes mereka harus mengikuti ketentuan yang ada dan juga mengikuti tes seperti calon yang lainnya. “Bila semuanya sudah siap maka akan segera dilakukan proses pengisian Sekdes,” pungkasnya.

Diketahui, hingga saat ini dari 311 desa yang tersebar di 20 kecamatan ada sekitar 105 desa yang tidak memiliki Sekdes. Sedangkan untuk menjalankan administrasi desa diangkat Plt. Sekdes yang berasal dari perangkat desa sampai terisinya jabatan Sekdes tersebut. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author