Published On: Rab, Feb 19th, 2014

Pengiriman Pertama Logistik Pileg Ke PPK Semanding

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban mulai mendistribusikan logistik Pemilihan Umum Anggota Legislatif (Pileg) 9 April 2014. Pengiriman bahan Pemilu ini berupa kotak dan bilik suara.

Kotak SUARA KPU Tuban

DIMULAI : Pekerja sedang menata kotak suara di truk untuk dikirim ke PPK Semanding

Hari pertama, Selasa (18/2/2014) kotak dan bilik suara dikirim ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Semanding. Untuk kebutuhan 269 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan membutuhkan 1.076 kotak dan bilik suara.

Divisi Logistik KPUD Tuban, Heru Prapto saat diwawancarai seputartuban.com mengatakan kekurangan kotak suara sebanyak 720 buah dan bilik sebanyak 635 buah sudah terpenuhi semua dari KPU pusat. Sehingga langsung dilakukan pendistribusian.

 “Untuk hari ini kita kirimkan ke PPK Semanding, sebab PPK Semanding TPS dan kebutuhannya paling banyak dibandingkan dengan PPK-PPK lainnya. Pendistribusian ini akan dilakukan secara berangsur tiap hari, dan kita mulai hari ini,” kata Heru.

Sementara itu, dalam pendistribusian logistik ini menggunakan 2 truk. Ditargetkan pengiriman 20 PPK se Kabupaten Tuban akan selesai dalam seminggu. “Setelah hari ini akan kita lakukan evaluasi, apakah masih membutuhkan armada atau tidak, kalau kurang akan kita tambah. Setelah kotak suara dan bilik ini terkirim, akan kita lanjutkan pengiriman untuk kebutuhan yang lainnya. Saat ini sudah kita lakukan Packing untuk tiap-tiap PPK,” jelasnya.

Hingga saat ini kebutuhan logistik di KPUD Kabupaten Tuban masih kurang surat suara, formulir model C dan formulir model D. Awal bulan Maret kekurangan tersebut dijadwalkan sudah dipenuhi. Sehingga direncanakan pada pertengahan Maret mendatang dapat didistribusikan kepada masing-masing PPK. “Kekurangan surat suara dan formulir model C dan D itu yang droping dari Pusat. Kita harapkan awal bulan Maret sudah bisa kita terima, sehingga kita bisa secepatnya mengirim ke PPK,” sambungnya.

Untuk mengantisipasi hujan, kotak suara dan bilik yang terbuat dari kardus (karton) akan dikirim ke PPK Kecamatan Tuban. Karena jarak dekat dengan gudang KPUD Tuban, sehingga pengirimanya tidak butuh waktu lama dan sewaktu-waktu dapat dilakukan.

Di Kabupaten Tuban dari 20 Kecamatan ada sebanyak 2.909 TPS, sehingga membutuhkan 11.636 buah kotak dan bilik suara. Karena untuk setiap TPS membutuhkan 4 buah kotak dan bilik suara. “Untuk kotak suara dan bilik kita taruh di PPK kota. Sehingga sewaktu-waktu bisa kita kirimkan bila hujan. Untuk yang diluar kota atau PPK yang jauh kita pakai kotak suara dan bilik yang terbuat dari aluminium,” pungkas Heru. (lis)

Facebook Comments

About the Author