Published On: Kam, Des 8th, 2016

Penggunaan DD Guwoterus Sudah 90 Persen Lebih.

MONTONG

seputartuban.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Guwoterus, Kecamatan Montong, berupaya memaksimalkan penggunaan Dana Desa (DD) untuk banyak hal demi kesejahteraan dan kemajuan Desa. Dari program infrastruktur yang langsung menunjang kesejahteraan masyarakat dan peningkatan ekonomi hingga pemberdayaan, pendidikan dan kesehatan masyarakat serta keamanan lingkungan.

HAMPIR SELESAI : Pembangunan Polindes Desa Guwoterus masih dilakukan tinggal penyelesaianya

Dalam melakukan pembangunan Desanya, Pemerintah Desa (Pemdes) Guwoterus hingga saat ini sudah menyelesaikan hampir seluruh program infrastruktur yang langsung menunjang kesejahteraan dan perekonomian masyarakat Desa Guwoterus.

Kepala Desa (Kades) Guwoterus, Puji, Senin (5/12/2016), menyampaikan untuk pembangunan infrastruktur, pihaknya sudah melakukan pengaspalan hotmik di jalan lingkungan Dusun Ngindahan sepanjang 700 meter. Pembangunan jalan makadam di Dusun Ngindahan dan Dusun Krajan.

Pemdesnya juga telah memperbaiki dua jembatan di Dusun Ngindahan, yakni jembatan Gelagar dan Talut. Ditegaskan program infrastruktur jalan itu untuk meningkatkan perekonomian warganya. Dengan mengutamakan pembangunan dan perbaikan jalan dan jembatan dapat mempermudah aktifitas keseharian masyarakat dan kelancaran akses perekonomian.

Selain itu juga sudah melakukan pembangunan infrastruktur yang berkaitan dalam kesejahteraan masyarakat secara langsung. Yakni pembangunan Pos Keamanan Desa di Dusun Ngindahan, Dusun Krajan dan Dusun Jaten, percepatan pembangunan pos keamanan ini dengan tujuan untuk menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan Desanya.

Sehingga pemerintahannya tinggal menyelesaikan garapan gedung Polindes. Dipastikan akhir Desember gedung Polindes baru itu sudah siap dipergunakan untuk pelayanan kesehatan warganya. “Pengerjaan gedung Polindes baru sudah 60 persen. Kita juga mengganggarkan pengadaan timbangan balita di Posyandu,” tegas Puji.

Selain pembangunan infrastruktur, pihaknya dalam mempergunakan dana dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) tersebut juga untuk pembinaan masyarakat Desa. Yakni pembinaan kelembagaan kemasyarakatan, pembinaan Kamtibmas, serta pembinaan kepemudaan dan olahraga.

Terkait pemberdayaan masyarakat, Pemdes tahun 2016 memberikan fasilitas kegiatan pelatihan kepada LPMD, Ketua RT/RW, perangkat Pemdes dan BPD. Peningkatan kapasitas kelompok tani berupa pemberian fasilitas pelatihan kepada mereka hingga peningkatan peran tim KB Desa. Sehingga secara keseluruhan realisasi penggunaan DD sudah lebih dari 90 persen.

Sekedar diketahui, Pemdes Guwoterus sudah memasang informasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Caranya dicetak dalam beberapa banner kemudian dipasang di pinggir jalan agar mudah dibaca masyarakat. Hal itu sebagai wujud keterbukaan pemerintah desa kepada masyarakatnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author