Published On: Ming, Agu 7th, 2016

Penggunaan Dana Desa Untuk Pemberdayaan Masyarakat Sedikit

TUBAN

seputartuban.com – Penggunaan Dana Desa (DD) nyatanya masih fokus untuk pembangunan infrastruktur nampaknya menjadi tradisi pemerintah Desa (Pemdes) di kabupaten Tuban. Padahal, seharusnya dana tersebut juga diperuntukkan pada pemberdayaan masyarakat Desa.

ilustrasi uang

ilustrasi uang

Kepala Bapemas Pemdes dan KB kabupaten Tuban, Mahmudi, kamis (4/8/2016), mengatakan, sesuai Permendes 21 tahun 2015, dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tersebut untuk tahun ini memang masih diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur. Namun tidak menutup kemungkinan penggunaan dana pembangunan tersebut juga diperuntukkan pada pemberdayaan masyarakat dan pelaksanaan program atau kegiatan non fisik lainnya. “Jadi juga ada porsinya. Tidak semua dananya hanya untuk pembangunan atau perbaikan infrastruktur saja,” lanjutnya.

Salah satu upaya yang dilakukan Bapemas agar penggunaan DD benar benar proporsional, Mahmudi mengaku pihaknya terus melakukan sosialisasi terkait hal itu baik kepada Pemdes, Kecamatan maupun pendamping Desa. Termasuk melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana itu. “Kita terus pantau penggunaannya. Apalagi saat ini, setelah program berjalan, dana baru bisa dicairkan. Sehingga kita bisa tahu peruntukannya karena perencaannya jelas,” tegas Mahmudi.

Selain itu, Pemkab saat ini juga menegaskan kepada seluruh pemdes, bahwa penyerapan dana tersebut tidak lagi hanya diperuntukkan pada perbaikan balai desa, seperti tahun tahun sebelumnya. Namun untuk pembangunan infrastruktur yang dapat untuk memberdayakan masyarakat, contohnya seperti pembangunan sarana olahraga dan kepemudaan dan Kantor PKK.

Dia menambahkan, diperkirakan pemerintah pusat akan mencairkan DD tahap kedua untuk kabupaten Tuban pada bulan Agustus ini. Dengan jumlah dananya sebesar Rp. 79,2 miliar atau 40 persen dari total DD yang diterima Kabupaten Tuban sebanyak Rp.197.768.399.000. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author