Published On: Kam, Mar 6th, 2014

Penggilingan Padi Terbakar, Kerugian Capai Rp. 1 Miliar

Share This
Tags

RENGEL

seputartuban.com – Gudang penggilingan padi (selep) milik Riyadi (54), warga Desa Maibit, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban terbakar, Rabu (5/3/2014), sekitar pukul 16.35 WIB. Kebakaran diduga berasal dari hubungan pendek arus listrik (konsleting).

HEBOH : Lokasi kejadian usai apai berhasil dipadamkan

Kebakaran Rengel

Informasi yang diterima seputartuban.com menyebutkan awal kejadian ini diketahui oleh salah satu pekerja selep. Saksi mencium bau terbakar dari arah gudang, saksi langsung menghampirinya. Setelah pintu gudang dibuka, api sudah membakar salah satu mesin dieselnya.

Saksi yang kebingungan langsung memanggil pemilik dan warga sekitar. Api yang semakin membesar berusaha dipadamkan dengan menggunakan alat seadanya oleh warga sekitar. Beruntung kebakaran tidak sampai meluas, Mobil Pemadam Kebakaran (MPK) dari salah satu perusahaan terdekat datang untuk memadamkan api.

Namun api sudah terlanjur membakar sebagian besar gudang berukuran 12 meter X 16 meter itu. Terlihat api membakar seluruh peralatan dalam gudang, seperti alat poles beras dan gabah. Bahkan sejumlah beras yang siap didistribusikan dalam karung ikut ludes. Beruntung dalam kebakaran ini tidak memakan koran jiwa. Ditaksir kerugian mencapai. Rp. 1 miliar.

Kapolsek Rengel, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Desis Susilo saat dikonfirmasi mengatakan bahwa kebakaran diduga berasal dari konsleting listrik pada mesin poles beras. Percikan api membakar sekam lembut atau dedak kasar di sekitar mesin. Api semakin besar setelah membakar tempat bahan bakar pada mesin. “Rincian mesin poles beras itu seharga Rp. 800 juta dan mesin selep beras seharga Rp. 200 juta. Sehingga total semua Rp. 1 miliar.  Itu belum termasuk beras yang sudah diselep, ” ungkap Desis. (han)

Facebook Comments

About the Author

Videos