Published On: Sab, Mei 19th, 2012

Penggemar Sepeda Tua Hadiri Event Nasional di Jombang

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Koordinasi Wilayah Tuban akan mengikuti event Nasional di Jombang, Jawa Timur. Acara pecinta sepeda ontel tua ini akan berlangsung di lapangan Kota Jombang, yang akan diikuti oleh seluruh komunitas sepeda tua se-Indonesia, Minggu (20/05/2012).

Dalam acara akbar tingkat Nasional ini termasuk acara rutin yang diadakan oleh Kosti Pusat, dalam rangka meningkatkan solidaritas sesama penggemar sepeda ontel tua seluruh Indonesia. Dikesempatan kali ini acara yang rencananya dihadiri oleh ribuan anggota komunitas sepeda tua, Kosti Korwil Tuban juga ikut serta meramaikannya, sebagai bentuk kesetia kawanan antar kominitas dan juga sebagai ajang silaturrahim.

Direncanakan Kosti Ronggolawe sebutan para penggila sepeda tahun 1945-an bertolak ke Jombang, dalam temu komunitas lainya. Kosti Ronggolawe akan diikuti oleh 10 club diantaranya adalah Ronggolawe sepedah onto (Ronggo Seto) club, Sepedah Lawas Ronggolawe (Selarong) club, Ronggolawe Sepedah lawas (Rosela) club, Gaseboe club, Pantura club, Pastugel club dari Rengel,Kones club dari Singgahan, Kosel club dari  Gedong Ombo, P2SK club dari Latsari, Solar Club dari Plumpang.

Dari beberapa komunitas yang tergabung dalam Kosti Korwil Tuban ini sedikitnya ada  350 anggota yang terdaftar secara resmi dan aktif dalam semua kegiatan yang diadakan. Sebagian besar jenis sepeda tua yang digunakan adalah jenis sepeda Gasele buatan Belanda tahun 1950, Pongres buatan Belanda tahun 1952, Simplex buatan Belanda tahun 1950, Batavus dan Hamber buatan Inggris tahun 1952.

Sepeda tua ini beragam bentuk dan jenisnya, tergantung seri pembuatannya, terkadang sesama Merk buatan negara yang sama namun berbeda bentuk dan motif sepedanya. Terlihat mulai dari tahun pembuatannya,  jenis accesories diantaranya adalah bentuk lampu, bentuk rangka, bentuk stang setir, bentuk sadel, bentuk boncengan, hingga bentuk bell dan bentuk alat pengganti gigi pedalnya.

“Karena sudah tergolong langka, sepeda 1 Simplex Original saja mencapai hingga puluhan juta rupiah,” ungkap salah satu anggota Kosti.

Koordinator event Kosti Ronggolawe, Sandodjo, kepada seputartuban.com, Sabtu (18/05/2012) menjelaskan dengan mengikuti event dapat menambah pengalaman dan meningatkan solidaritas sesama penghobi sepeda tua diseluruh tanah air.

“Kami mempunyai 12 club sepeda tua yang tergabung dalam Kosti Ronggolawe, namun kali ini yang berangkat hanya 10, yang 2 tidak bisa ikut karena ada acara lain,” jelasnya.

Foto : Beberapa anggota Kosti Tuban

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos