Published On: Kam, Mar 29th, 2018

Pengganti Kades Kebomlati Masih Diproses

seputartuban.com, PLUMPANG – Jabatan Kepala Desa (Kades) Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban saat ini kosong. Karena Kades meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas di kawasan Kecamatan Widang belum lama ini.

SEMANGAT BARU : Prosesi pelantikan Kades terpilih dalam Pilkades serentak 2016 di Pendopo Kridho Manunggal Pemkab Tuban, Selasa (27/12/2016)

Menurut Camat Plumpang, Saefiyudin mengatakan kekosongan jabatan ini akan diii oleh Pejabat (Pj) Kades hingga dilantiknya Kades baru. Sedangkan akhir masa jabatan Kadea Kebomlati hingga Agustus 2019. “Untuk jabatan Kades Kebomlati berdasarkan Perda No. 6 tahun 2015 tentang Kepala Desa akan diisi oleh pejabat Kepala Desa,” katanya.

Syarat Pj Kades yang bisa diangkat adalahdari PNS yang memiliki pengalaman dalam pemerintahan dan kepemimpinan. Camat saat ini sudah melaporkan kekosongan jabatan Kades Kebomlati ke Bupati Tuban. Serta komunikasi dengan pihak desa untuk rapat dan menentukan Pj.

“Saat ini kami telah melaporkan kepada Bupati untuk hal tersebut. Senyampang itu kami juga telah mengkoordinasikan dengan pemerintah desa dan BPD untuk segera merapatkan dan melalui BPD segera menyampaikan permohonan kepada Bupati untuk pengisian penjabat Kepala Desa,” imbuhnya.

Pentingnya segera menetapkan Pj Kades berhubungan dengan pelaporan penggunaan Dana Desa (DD). Karena pelaporan tersebut sangat erat kaitannya dengan administrasi dan tanda tangan Pj Kades.

“Terkait dengan kekosongan sementara Kepala Desa terhadap penganganggaran di desa memang akan berpengaruh namun tidak secara substansial. Krena APBDes tetap dapat dilaksanakan hanya saja untuk administrasi pertanggungjawaban tetap harus menunggu penjabat Kepala Desa. Oleh karena itu proses pengisian ini harus segera dilaksanakan,” pungkasnya. NAL

Facebook Comments

About the Author