Published On: Rab, Nov 25th, 2015

Pengelolaan Wisata Nganget Jadi Pelajaran Perhutani Jatim

TUBAN

Kepala Divisi Regional (Divre) Perhutani Jawa Timur, Andi Purwandi

Kepala Divisi Regional (Divre) Perhutani Jawa Timur, Andi Purwandi

seputartuban.com – Kepala Divisi Regional (Divre) Perhutani Jawa Timur, Andi Purwandi, usai acara deklarasi PWI Tuban peduli hutan, Selasa (24/11/2015) mengatakan akan menertibkan perijinan wisata dibawah jajaranya. Selain itu juga membuka diri dengan investor untuk mengelola wisata hutan.

Menanggapi kasus operasional wisata air panas (Nganget) kawasan Perhutani KPH Jatirogo, Andi mengaku aka melakukan evaluasi internal. Serta mendorong agar segera diurus perijinanya sesuai aturan yang berlaku. “Kerjasama yang dilakukan harus jelas dan  transparan, sehingga tidak ada yang dirugikan,” katanya.

Orang nomor 1 di Perhutani Jawa Timur itu juga memastikan pihaknya siap bekerjasama dengan Pemkab Tuban. Sedangkan untuk pengelolaan wisata diharapkan tetap melibatkan masyarakat sekitar hutan. Selain itu membuka diri untuk investor bekerjasama mengembangkan wisata hutan.

Wilayah hutan yang ada di Kabupaten Tuban luasnya 28.000 hektar. Didalamnya banyak memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan. Diantaranya wisata goa putri asih, pantai wisata, pemandian air panas, air terjun dan juga panorama wilayah hutan yang indah. “Kita membuka kepada siapapun untuk bekerjasama mengembangkan wisata yang kita miliki,” jelasnya.

Dengan dibukannya tempat-tempat wisata tersebut diharapkan dapat membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat disekitarnya. Sehingga data mengurangi kerusakan hutan akibat pembalakan liar.

Saat ini Perhutani Jatim sedang melakukan pendataan dan evaluasi terhadap pengelolaan wisata hutan. Kemudian akan dikembangkan bersama masyarakat sekitar hutan. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author