Published On: Sel, Okt 31st, 2017

Pengadilan Negeri Tuban Diserbu Ribuan Warga

seputartuban.com, TUBAN – Dengan dibukanya lowongan perangkat desa serentak se-Kabupaten Tuban, membuat ribuan masyarakat mendatangi Kantor Pengadilan Negeri Tuban. Untuk mengurus surat keterangan tidak pernah tersangkut tindak pidana. 

RAMAI : Calon pendaftar lowongan perangkat desa saat mengurus surat di Pengadilan Negeri Tuban


Senin (30/10/2017), nampak ruang pelayanan dipenuhi masyarakat lintas usia dan dari sejumlah wilayah. Meski antrian cukup panjang dan berjubel, mereka tetap saja sabar menunggu antrian. Karena sangat butuh surat dari PN Tuban untuk kelengkapan daftar lowongan perangkat desa. 

Humas Pengadilan Negeri Tuban, Donovan Akbar, menjelaskan kantornya mulai membuka pelayanan surat tersebut mulan sepekan lalu. “Hingga sekarang sudah kurang lebih dari 1700 pemohon surat keterangan tidak tersangkut pidana,” ungkapnya. 

Seluruh pemohon diterima dan diberikan surat. Karena mereka tidak ada satupun yang terdeteksi tersangkut pidana. Karena jika ada yang sudah terpidan atau tersangkut masalah hukum sudah dapat dipastikan akan ditolak. Karena setiap data yang dimasukkan akan langsung dapat mendeteksi dari data yang dimiliki PN Tuban. 

Setiap pemohon dikenakan biaya pembuatan surat pernyataan pidana hanya Rp 5000. “Segera dilengkapi semua persyaratannya dan tetap bersabar, karena dengan keterbatasan fasilitas dari kami. Karena gedung ini memang bukan sebagai kantor pelayan melainkan tempat persidangan. Dan kalaupun dari petugas pelayanan kami ada yang melakukan pungli kami siap untuk menindaknya,” tegasnya.RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>