Published On: Ming, Okt 5th, 2014

Penerima Program PKH di Soko Tidak Tepat Sasaran

Share This
Tags

SOKO

TIDAK TEPAT : Masyarakat penerima program PKH saat menerima sosialisasi di Balai Desa Sokosari Kecamatan Soko

TIDAK TEPAT : Masyarakat penerima program PKH saat menerima sosialisasi di Balai Desa Sokosari Kecamatan Soko

seputartuban.com – Penerima Program Keluarga Harapan (PKH), disinyalir tidak tepat sasaran. Karena keluarga miskin yang seharusnya mendapat prioritas, justru keluarga yang berkecukupan menjadi penerima PKH.

Widji (42), warga Desa Simo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban ini memiliki 2 anak yang masih di Madrasah Ibtidaiyah. Suaminya sehari-hari menjadi penarik becak. Namun dia tidak terdaftar menjadi penerima PKH. Ironisnya, tetangganya dengan taraf ekonomi lebih baik, justru menjadi penerima program pemerintah ini.

“Lha ya orang itu saja yang kaya dapat, saya yang tidak punya dan suami tukang becak serta anak 2 masih sekolah kok tidak dapat,” keluhnya, Sabtu (3/10/2014).

Menanggapi hal ini, Koordinator pendamping PKH Kecamatan Soko, Muhyidin mengaku tidak dapat berbuat banyak. Karena data keluarga yang mendapat PKH dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010-2011.

“Sifat kami hanya melakukan transformasi sosial saja, terkait pengurangan dan penambahan bukan wewenang kami. Cuma kami diberi kuasa untuk menerima keluhan dan pengaduan dari masyarakat,” ungkapnya.

Senada disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Pemkab Tuban, Abdul Latif  berharap PKH dapat membantu Pemkab Tuban dalam pengentasan kemiskinan. Namun jika terdapat penerima program yang tidak tepat sasaran, dia mengaku tidak dapat merubahnya. Karena data dan keputusan penerima program ditentukan oleh pemerintah pusat.

“Dinas Sosial adalah hanya membentuk susunan kepengurusan harian ditiap kecamatan dan mengarahkan tugas pokok serta fungsinya. Sedangkan terkait pengaturan data siapa penerimanya itu sudah diatur oleh Kemensos. Jadi kami tinggal mengaplikasikan,” jelasnya. ARIF AHAMD AKBAR

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos