Published On: Rab, Mar 21st, 2018

Penemuan Goa Yang Hebohkan Medsos Ditutup

seputartuban.com, SINGGAHAN – Selama beberapa hari terakhir dunia maya dihebohkan dengan postingan penemuan goa. Yang berada di kawasan hutan Perhutani Petak 2A RPH Mulyoagung, BKPH Mulyoagung KPH Parengan. Masuk mawasan Dusun Tegalagung, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban.

Lokasi dalam goa sempit dan pengap

Hasil data yang dihimpun dari lokasi, Selasa (20/3/2018) menyebutkan luas goa sekitar 5 X 5 meter. Ditemukan oleh Sunarto (35), yang seorang Mandor Tanam Perhutan sepekan lalu. Saat dia sedang patroli menemukan lubang kecil. Lubang tersebut terua digali kemudian dimasuki dan ternyata didalamnya goa yang memiliki stalagtit dan stalagmit menawan. Namun sayangnya cukup sempit.

Saat seputartuban.com ke lokasi bersamaan dengan anggota Polsek Singgahan dan Perhutani, kondiai goa selain pengap juga sempit. 8 orang yang masuk tidak dapat bergerak leluasa. Selain itu mulut goa yang awal ditemukan tidak luas, sehingga harus berusaha ekstra untuk bisa masuk dam berhati-hati.

Goa ditutup oleh Polsek Singgahan bersama Perhutani dan Pemerintah Desa agar tidak dikunjungi masyarakat

Asper Perhutani BKPH Mulyoagung, Mohammad Badar menjelaskan atas temuan goa ini pihaknya sudah menindaklanjuti dengan pimpinannya. Namun belum dapat dipastikan tingkat ketebalan ruang goa, karena masih diperlukan kajian mendalam. Termasuk penyelamatan kawasan goa.

“Sesuai arahan Pak ADM (Administratur) yang nantinya kita akan buat BAP (berita acara pemeriksaan). Kemudian SPK akan menindaklanjuti biar dibedakan kelas hutannya. Dari hutan produksi ke kawasan hutan perlindungan khusus,” katanya di lokasi.

Atas pertimbangan keamanan, Polsek Singgahan bersama Perhutani dam Pemerintah Desa menutup goa yang cara masuknya harus dengan merunduk itu. Wakapolsek Singgahan, IPDA Ali Mas’ud meminta agar menutup kembali mulut goa tersebut. Sekaligus dipasangi garis Polisi untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan terjadi.

“Sementara ini ditutup terlebih dahulu karena terkait dengan keselamatan warga yang ingin berkunjung kesini,” tegasny. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

About the Author