Published On: Ming, Mei 27th, 2012

Pendonor Sedikit, Stok Darah PMI Terbatas

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Persediaan Darah untuk semua Golongan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tuban menipis. Dari pantauan seputartuban.com di Kantor PMI, menunjukkan bahwa jumlah kantong darah yang disimpan pada mesin pendingin hanya berjumlah 23 kantong darah untuk segala jenis golongan darah.

Tersimpan Golongan darah jenis A sebanyak 8 kantong, untuk golongan darah B sebanyak 5 kantong, untuk golongan darah O. Hanya berjumlah 2 kantong sedangkan untuk golongan darah AB sebanyak 8 kantong.

Jumlah kantong darah hasil donor darah ini terbilang sangat sedikit karena jika dibandingkan dengan permintaan darah yang sewak waktu dibutuhkan oleh pasien.

Dalam Mei 2012 ini saja sudah ada puluhan orang yang membutuhkan kantong darah untuk segala jenis golongan darah. Jika tidak ada para relawan yang mendonorkan darahnya, bukan tidak mungkin akan kehabisan stok.

Namun kekurangan stock darah ini masih dapat ditanggulangi oleh petugas dengan menambah pendonor darah pada setiap harinya, sehingga persediaan darah tidak sampai mengalami kekosongan.

“Hingga saat ini persediaan kantong darah kami terbilang paling sedikit dibandingkan hari-hari biasanya,”ujar Kepala Unit pelestari donor darah sukarela PMI Tuban, Agus Harjunadi Spd, saat dikonfirmasi seputartuban.com, Sabtu 25/05/2012.

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos