Published On: Jum, Jul 25th, 2014

Pendidikan Dipinggiran Tuban Masih Jadi “Anak Tiri”

Share This
Tags

TUBAN

Salah satu SDN yang kebanjiran akibat luapan bengawan solo beberapa waktu lalu

Salah satu SDN yang kebanjiran akibat luapan bengawan solo beberapa waktu lalu

seputartuban.com – Wakil rakyat masih menganggap Pemkab Tuban masih belum adil dalam membuat kebijakan terkait pendidikan. Diantaranya pembangunan fasilitas yang belum seimbang antara perkotaan dan kecematan bahkan desa. Selain itu dalam sisi manajemen juga dinilai masih belum maksimal.

Anggota Komisi C DPRD Tuban, Cancoko dalam rapat gabungan Komisi tentrang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2014 mengungkapkan keluhan masyarakat atas fasilitas pendidikan yang belum merata ini masih sangat dirasakan.

“Pelaksanaan pembangunan fasilitas pendidikan masih belum merata, terutama yang ada didaerah pingiran, hal ini perlu menjadi perhatian serius dari pemerintah daerah,” katanya Jum’at (25/7/2014).

Pembangunan yang tidak seimbang menjadi penghambat dalam peningkatan kwalitas pendidikan. Karena sarana prasarana untuk meningkatkan kwalitas pembelajaran terbatas. “Masih banyak sekolah-sekolah yang ada dipinggiran yang belum terawasi atau luput dari pantauan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Ini perlu adanya peningkatan kinerja dari Dinas terkait,” sambungnya.

Persoalan lain yang masih dikritisi Komisi C adalah banyaknya lowongan Kepala Sekolah sudah lama. Meski sudah melaksanakan tes Kepsek, nyatanya jabatan orang nomor satu disekolah tersebut masih banyak yang dirangkap. Sedangkan nasib pendidik yang lulus tes, terkatung-katung lama. Dikpora akan dimintai data, sekolah mana saja yang memilki Kepsek dana yang masih dirangkap pasca pelantikan pejabat struktural dan fungsional di Pendopo Krido Manunggal, Kamis (24/7/2014).

“Kita masih belum menerima laporan sekolah mana saja yang sudah terisi kepala sekolahnya. Sebab kemarin informasinya sudah dilakukan pengukuhan Kepala Sekolah. Sebab bila sekolahan itu tidak ada yang memimpin maka sulit untuk bisa maju dan berkembang,” ungkap Politisi asal Kecamatan Palang ini.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban, Sutrisno menerima masukan wakil rakyat ini dan berjanji segera menindaklanjuti. Dengan melakukan identifikasi terhadap kondisi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Tuban. “Akan kita perhatikan terkait pemerataan fasilitas sekolah. Tahun ini ada anggaran untuk seleksi calon kepala sekolah sehingga nantinya akan kita maksimalkan untuk mengisi kepala sekolah yang masih kosong,” janjinya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author