Published On: Kam, Nov 10th, 2016

Pendekar Siaga Sarana Pengabdian Lintas Batas

MONTONG

seputartuban.com – Sejumlah pendekar silat di Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Rabu (9/11/2016) mengikuti pembinaan pendekar siaga oleh Muspika Montong. Para pendekar itu dari IKS PI Kera Sakti, Margaluyu 151, Bunga Islam dan Persaudaraan Setia Hati Terate.

KOMPAK : Muspika, Kades dan Pendekar Saga foto bersama usai pembinaan

KOMPAK : Muspika, Kades dan Pendekar Saga foto bersama usai pembinaan

Para pendekar siaga terdri dari anggota organisasi silat yang tersebar ditiap dusun. Masing-masing organisasi menunjuk seorang pendekar siaga yang ditugaskan. Sehingga masing-masing dusun memiliki 4 pendekar siaga.

Mereka tidak lagi mempermasalahkan perbedaan, justru bertindak untuk mengabdi kepada masyarakat. Dengan menjalankan fungsi Pendekar Kamtibmas, Pendekar Anti Naroba, Pendekar Sosial, Pendekar Lingkungan, Pendekar Kebangsaan serta Pendekar Siaga Bencana.

Koordinator Pendekar Siaga sekaligus Ketua IKS PI Kera Sakti, Hery Prasetyo mengatakan program pendekar siaga ini diterapkan dalam keseharian. Mulai aktif dalam pengamanan lingkungan hingga pengamanan keramaian masyarakat. “Ini bentuk pengabdian kami kepada masyarakat. Ini pembinaan dulu sebelum di deklarasikan dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Keberadaan Pendekar Siaga bukan formalitas saja, namun benar-benar direalisasikan. Yang selalu bersinergi dengan 3 pilar dan unsur pemerintah lainya. “Kita akan selalu berkoordinasi untuk menjalankan tugas dan fungsi kita. Kami sangat berterima kasih dukungan penuh dari pihak desa dan Muspika,” imbuh bapak 2 anak itu.

Dalam pembinaan itu hadir dan menyampaikan pembinaan Camat Montong, Agus Wijaya. Juga Kapolsek Montong, IPTU Rukimin serta Pj Danramil Montong, Letda Taman. Para pimpinan kecamatan itu sangat mengapresiasi upaya inovasi dan kerukunan lintas pendekar ini.

“Terima kasih pak Kapolsek yang sejak awal sudah mendampingi kami dalam pembentukanya, dan pak Camat yang juga memotivasi dan megarahkan kami serta Kades memberikan dukungan penuh. Semoga ini bisa menjadi semangat bagi kami dan inspirasi bagi para pendekar lainya di Tuban,” harap Hery.

Muspika selain memberikan motivasi, arahan, juga potensi yang dapat dikembangkan sekaligus optimalisasi sinergitas dengan pemerintah desa dan unsur lainya. Termasuk pola pengamanan dan tindakan yang harus dilakukan untuk menjaga Kamtibmas dan kondisi lingkungan, sosial agar tetap kondusif. Termasuk Kepala Desa Guwoterus, Puji yang juga menegaskan akan mendukung penuh program dan sinergitas Pendekar Siaga.

Usai kegiatan ini, para Pendekar Siaga akan menjalani serangkaian pelatihan teori maupun teknis untuk bekal menjalankan pengabdianya. Termasuk pelaksanaan deklarasi dan ikrar bersama yang direncanakan akan menghadirkan lintas pendekar se-Kec. Montong. MUHAIMIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos