Published On: Rab, Mei 24th, 2017

Pendekar Siaga Gugah Kebangkitan Nasional Pendekar

seputartuban.com, TUBAN – Gerakan Ziarah dan Silaturrahmi Kebangsaan Pendekar Siaga menggugah kebangkitan nasional pendekar. Untuk menguatkan peran Pendekar silat ditengah masyarakat. Sabtu (20/5/2017) hingga Minggu (21/5/2017) bersamaan dengan momentum peringatan kebangkitan nasional, Pendekar Siaga menjalankan misi Nasional ziarah dan silaturrahmi ke 4 pengurus pusat organisasi/perguruan silat.

KEBANGKITAN PENDEKAR : Ketua Umum IKS PI Kera Sakti pusat, Drs. Bambang Sunarja, MA saat menandatangani piagam komitmen bersama Pendekar Siaga

Untuk menyampaikan pesan kerukunan dan pengabdian nyata kepada masyarakat. Seperti yang sudah dilakukan Pendekar Siaga melalui 8 program siaga.

Setiap 20 Mei, Bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Sebuah peringatan momentum perjuangan rakyat Indonesia mulai bangkit. Dengan ditandai lahirnya organisasi Budi Oetomo pada tahun 1980. Bersama dengan itu bangkitlah semangat Nasionalisme, Persatuan, Kesatuan dan kesadaran bersama sebagai sebuah bangsa.

Bersama dengan semangat itu, Pendekar Siaga melakukan gerakan serupa. Yakni membangkitkan peran Pendekar agar dapat memberikan manfaat kepada masyarakat secara langsung. Seperti yang sudah diajarkan melalui ajaran luhur di organisasi/perguruanya masing-masing. Seperti yang sudah dilakukan Pendekar Siaga.

KEBANGKITAN PENDEKAR : Sekretaris Umum PSHT pusat, Hary Wuryanto saat menandatangani piagam komitmen bersama Pendekar Siaga

Yakni menjalankan fungsi Siaga Kamtibmas, Siaga Anti Narkoba, Siaga Kebangsaan, Siaga Pendidikan, Siaga Sosial, Siaga Lingkungan, Siaga Kesehatan dan Siaga Bencana. Seluruhnya dilakukan para pendekar dari organisasi/perguruan silat berbeda secara sukarela.

Saat berkunjung di pengurus pusat IKS PI Kera Sakti Kab. Madiun diterima langsung oleh Ketua Umum, Drs. Bambang Sunarja, MA. didampingi pengurus pusat lainya. Kemudian saat di Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Kota Madiun diterima langsung oleh Sekretaris, Bendahara dan dewan luhur pengurus pusat. Mewakili Ketua Harian yang sedang menjalankan tugas organisasi di Nusa Tenggara Timur.

KEBANGKITAN PENDEKAR : Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Bunga Islam (IPSBI) pusat, KH. Abdul Haris saat menandatangani piagam komitmen bersama Pendekar Siaga

Saat di Ikatan Pencak Silat Bunga Islam (IPSBI) Kab. Ponorogo diterima Ketua Umum, KH. Abdul Haris. Sedangkan di pengurus pusat Margaluyu 15, Kab. Sleman, diterima langsung Ketua Umum sekaligus Guru Besar, H. Alybassa HS Effendi PS, GMM.

Seluruhnya menyambut sangat baik dan mengapresiasi langkah Pendekar Siaga yang telah menjalankan ajaran luhur melalui pengabdian masyarakat. Serta mendukung penuh agar dikembangkan lebih luas. Dibuktikan dengan penandatanganan piagam bersama oleh seluruh pengurus pusat.

“Alhamdulillah seluruhnya tanggapannya sangat positif, semoga ini bisa berkembang luas. Sehingga kita membuka diri bagi saudara pendekar diwilayah lain yang akan bergabung menjadi jaringan Pendekar Siaga,” kata Koordinator Pendekar Siaga, Hery Prasetyo, Selasa (23/5/2017).

Selain silaturrahmi untuk menyampaikan pesan kebangkitan nasional pendekar ke pengurus pusat, Pendekar Siaga juga melakukan ziarah dan berdoa untuk para leluhur organisasi/perguruan silat. “Seluruh leluhur saling kita doakan tidak hanya satu organisasi saja. Karena beliau semua adalah putra terbaik bangsa yang berjuang dengan memberikan pendidikan luhur kepada masyarakat melalui sarana pencak silat atau gerak badan pencak. Sehingga beliau semua lintas leluhur organisasi/perguruan silat wajib kita doakan semua,” ungkapnya.

KEBANGKITAN PENDEKAR : Ketua Umum sekaligus Guru Besar Margaluyu 151, H. Alybassa HS Effendi PS, GMM saat menandatangani piagam komitmen bersama Pendekar Siaga

Menanggapi gerakan ini, penggiat kerukunan lintas organisasi Tuban Selatan sekaligus Ketua Rante Kerukunan Tokoh (Rekat), Mujoko Sahid sangat mengapresiasi langkah Pendekar Siaga. Karena telah memberikan inspirasi kepada seluruh pendekar.

“Kami Rekat Tuban Selatan mengucapkan dengan segala ketulusan hati dan segala hormat leluhur-leluhur dan sesepuh lintas perguruan, wajib untuk kami menghormati dengan segenap tatakrama yang kami miliki. Pendekar Siaga, kalian telah mmbuat suri tauladan bagi semua. Indonesia bangga pada kalian,” katanya dengan tegas.

Lebih lanjut, tokoh yang aktif dalam gerakan kerukunan dan kepedulian sosial itu menambahkan bahwa gerakan Pendekar Siaga adalah wujud nyata dari Indonesia. “Indonesia, Jakarta, Jawa Timur, Tuban. Pendekar Siaga secara geografis adalah hanya titik dari lembaran yang namanya Nusantara. Akan tetapi dari setitik itu kita bisa menemukan nusantara,” pungkasnya. Nal

Terkait : Misi Nasional Pendekar Siaga Menggali Potensi Bangsa

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Arif budi prasetya berkata:

    Saya harap pendekar dari semua perguruan melihat ini, karena siapa lagi kalo bukan kita yang dapat mempersatukan perbedaan agar tidak terjadi konflik antara kita semua.
    Pendekar siaga sangat memotivasi. Maju terus pendekar siaga, rayakan perbedaan.