Published On: Rab, Des 9th, 2015

Pendamping Desa Tak Boleh Nyambi

TUBAN

IUSTRASI PENDAMPING DESAseputartuban.com – Dari 500 pendaftar calon pendamping desa di Kabupaten Tuban, 496 diantaranya dinyatakan lolos seleksi administrasi. Mereka dari berbagai kalangan dan latar belakang pekerjaan.

Syarat pendamping desa diantaranya berpendidikan minimal SLTP, memiliki pengalaman berorganisasi dan aktif dalam kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa minimal 2 tahun. Juga memiliki kepekaan terhadap kebiasaan, adat istiadat juga nilai-nilai budaya masyarakat desa, bertempat tinggal di desa lokasi pendampingan.

Tidak sebagai CPNS atau PNS, aparatur pemerintah atau terikat kontrak dengan pekerjaan lainnya dan berusia minimal 25 tahun dan maksimal 45 tahun.

Kepala Bapemas, Pemdes & KB Kabupaten Tuban, Mahmudi mengatakan pihaknya tidak mengetahui teknis rekrutmen pendamping lokal desa (PLD). Karena proses perekrutan ini sepenuhnya dilakukan pemerintah pusat. Pihaknya hanya menyampaikan pengumuman hasil seleksi. “Kita tidak mengerti terkait rekrutmen tersebut, sebab itu kewenangan pusat,” kata Mahmudi, Selasa (8/12/2015) siang.

Diharapkan peserta yang lolos seleksi, mereka memiliki kemampuan dibidangnya dan tidak memiiki pekerjaan lain. Agar lebih fokus terhadap pekerjaan yang digaji pemerintah tersebut. Karena jika sambil melakukan pekerjaan lain, aktivitas pendampingan tidak maksimal.

Masih menurut Mahmudi, sesuai dengan persyaratan bahwa yang bersangkuatan tidak terikat kontrak dengan pekerjaan lain, apapun bentuknya. Sebab tugas yang akan diemban sangat berat dan menjadi faktor penting kesuksesan pelaksanaan dana desa.

“Meskipun dalam persyaratan tidak dicantumkan, kita berharap yang lolos nanti tidak memiliki pekerjaan lainnya atau hanya dibuat sampingan,” tegasnya.

Mahmudi mengaku tidak mengetahui jumlah peserta yang akan lolos tiap tahapan hingga akhir seleksi. Termasuk saat tes wawancara 10 Desember 2015 di Islaic Center Bojonegoro. Namun, idealnya tiap desa terdapat seorang pendamping desa. “Kita tidak tahu berapa yang dibutuhkan, tetapi idealnya setiap desa ada satu pendamping,” sambungnya.

Diketahui, pelaksanaan Dana Desa (DD) tahun 2015 belum terdapat pendamping desa. Pembinaan dilakukan Pemerintah Kecamatan dan eks pendamping PNPM. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author