Published On: Jum, Mar 28th, 2014

Pendaftar CJH Tahun 2009 Diberangkatkan Tahun Ini

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Jumlah Calon Jamaah Haji (CJH) yang akan berangkat tahun 2014 dari Kabupaten Tuban sebanyak 762 jamaah. Jumlah ini sesuai daftar tunggu (waiting list) pendaftaran tahun 2009, yang terdaftar di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban.

hajiKasi Pelaksana Haji dan Umrah Kemenag Tuban, Siti Maulidiyah saat dikonfirmasi dikantornya, Rabu (26/03/2014) mengatakan bahwa jumlah tersebut bisa berkurang, karena terkadang terdapat CJH yang sakit, meninggal atau tidak dapat melunasi biaya pemberangkatan haji.

Menurutnya, Mulik panggilan akrab Siti Maulidiyah menambahkan setiap tahun CJH dari Tuban yang berangkat rata – rata tidak lebih dari jumlah tersebut. Hal ini dipengaruhi dari jumlah kuota yang ditetapkan Kemenag  Jawa Timur. Karena setiap tahun pemberangkatan CJH se-Jawa Timur rata-rata kuotanya 34 ribu CJH. “biasanya CJH yang tidak bisa berangkat tahun ini, diganti dengan peserta lainnya yang terdaftar di waiting list. Jadi bergeser terus sesuai nomor antrian,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia menghimbau kepada CJH yang akan berangkat tahun ini untuk segera mempersiapkan biaya pelunasan. Karena biasanya pelunasan bulan Juni sampai Juli. Sesuai Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada 2009 biaya pendaftaran Rp. 20 Juta.

“total biaya untuk berangkat haji yang terdaftar pada tahun 2009 berkisar Rp 33 Juta, akan tetapi jumlah sisa biaya masih menunggu informasi dari Kemenag Pusat. Karena dipengaruhi nilai kurs dollar,” pungkasnya. (am)

Facebook Comments

About the Author