Published On: Sab, Apr 14th, 2012

Pencuri Kabel di Areal PT Semen Gresik, Satu Tertangkap Satu Kabur

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

KEREK

seputartuban.com – Pencurian kabel di area pabrik semen PT Semen Gresik kembali terjadi. Dua warga kedapatan mencuri kabel saat kedua pelaku akan keluar area pabrik dan diperiksa petugas keamanan pabrik.

Dari balik bajunya, petugas berhasil menemukan dua gulungan kabel sepanjang 4 meter dan 12 meter, lalu petugas keamanan pabrik menyerahkan pelaku ke Polisi.

Darkub (40) Warga Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, Tuban, dan temannya yang masih buron, kedapatan mencuri kabel di area Main Sub Pabrik Tuban Tiga PT. Semen Gresik, Kamis (12/04/2012).

Kejadian berawal saat kedua pelaku tersebut mengetahui ada kabel jenis NYY 4 x 16 warna hitam  dan Kabel jenis NYY 4 x 4 warna hitam, dan kemudian pelaku berusaha mencuri kabel tersebut dengan menggunakan 2 bilah sabit.

Kedua pelaku berhasil menggasak kabel NYY 4 x 16 sepanjang 4 meter, dan kabel jenis NYY 4 x 4 sepanjang 12 meter. Namun nahas ketika pelaku berhasil menggulung kabel dan berusaha membawanya untuk keluar pabrik, gerak gerik kedua pelaku diketahui petugas keamanan area pabrik.

Saat itu juga petugas keamanan memeriksa keduanya, dan ternyata kecurigaan petugas terbukti dengan ditemukannya dua gulungan kabel dengan panjang 4 meter dan 12 meter yang diselipkan dibalik baju kedua pelaku.

Saat itu juga petugas langsung mengamankan Darkub, namun sayangnya satu pelaku lain berhasil kabur saat akan digelandang petugas. Petugas keamanan akhirnya menyerahkan Darkub ke Polsek Kerek, sementara itu petugas hingga saat ini juga masih melakukan pengejaran kepada satu pelaku lain yang kabur, dan identitasnya sudah dikantongi petugas tersebut.

Kasubag Humas Polres Tuban AKP Noersento menuturkan, bahwa kejadian pencurian kabel di area pabrik PT Semen Gresik sudah sering terjadi, modusnya pelaku selalu menyembunyikan gulungan kabel dibalik bajunya. Kabel menjadi incaran para pelaku pencurian karena bagian dalam kabel tersebut terbuat dari bahan tembaga, dan laku dijual.

“modusnya selalu begitu, pelaku selalu menyelipkan gulungan kabel dibalik bajunya,” ujarnya.

Facebook Comments

About the Author