Published On: Sab, Apr 25th, 2015

Pencairan Dana Desa Menunggu Tenaga Pendamping

TUBAN

DIPAHAMKAN : Sosialisasi penggunaan dana desa di Pendopo Kridho Manunggal Pemkab Tuban

DIPAHAMKAN : Sosialisasi penggunaan dana desa di Pendopo Kridho Manunggal Pemkab Tuban

seputartuban.com – Pencairan dana desa dapat dilaksanakan setelah pemerintah menetapkan personil pendamping yang saat ini baru proses pengumuman rekrutmen. Regulasi teknis pelaksanaan dana desa ini sudah disiapkan pemerintah pusat dan hanya dilaksanakan.

Staf Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa, Pemberdayaan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, D. Rudi Hartoyo, Jumat (24/04/2015) mengatakan pemerintah pusat sudah siap mencairkan dana. Namun pelaksanaanya disesuaikan kententuan, yakni menunggu personil pendamping.

“Melalui Kementerian Desa, kita sudah siap, ada dua aspek yang menjadi acuan penggunaan dana desa yaitu aspek pembangunan dan pemberdayaan,” katanya kepada seputartuban.com, di Pendopo Kridho Manunggal Pemkab Tuban.

Molornya pelaksanaan dana desa disebabkan karena masih diperlukanya penyesuaian regulasi. Karena UU Desa disahkan pada akhir tahun 2014, sehingga pelaksanaanya dibutuhkan persiapan matang dari berbagai aspek. “Setiap masa transisi membutuhkan proses dan waktu untuk membuat regulasi pelaksanaannya,” sambungnya.

Saat ini pemerintah pusat sedang mempersiapkan tenaga pendamping dana desa itu. Sebanyak 43 ribu tenaga pendamping akan direkrut. Saat ini baru tahap pengumuman dan diprioritaskan mantan fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

“Pendamping yang akan kita rekrut ini sebagai pendamping tingkat pusat, propinsi, daerah, kecamatan dan desa. Namun untuk tingkat desa, setiap 4 desa akan didampinggi 1 petugas,” ungkap Rudi.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein mengatakan Pemkab Tuban mengaku sudah sangat siap melaksanakaan UU Desa. Salah satu indikasinya sudah melaksanakan pelatihan dan pembinaan kepada pemerintah desa. “Para kepala desa harus menjalankan sesuai dengan peraturan yang sudah ada, sehingga tidak berurusan dengan hukum,” kata Wabup

Dikabarkan sebelumnya, dana Desa di Kabupaten Tuban sebanyak Rp. 80,6 milyar. Pembagianya 90 persen berbasis pemerataan dan 10 persen berbasis proporsional. Dengan mempertimbangkan luas wilayah, jumlah penduduk, jumla rumah tangga miskin dan letak geografis. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author