Published On: Sen, Jul 15th, 2013

Penambang Kumbung Tewas Tertimpa Batu

Share This
Tags

GRABAGAN

seputartuban.com – Lokasi penambangan tradisional batu kumbung kembali memakan korban jiwa. Seorang penambang, di wilayah Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, tewas setelah tubuhnya tertimpa batu, Minggu (14/07/2013).  Korban meregang nyawa saat akan di bawa ke rumah sakit.  Paiman (55), warga Desa Ngarum, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, tewas akibat tertimpa batu kumbung. Di lokasi galian ditambangnya secara tradisional tersebut.

Korban tewas tambang kumbung

TERTIMPA : Korban tewas saat dirumah duka, sebelum dimakamkan.

Kejadian berawal , minggu (14/07/2013) sekitar pukul 08.00 WIB. Paiman yang sehari hari bekerja sebagai penambang tradisional batu kumbung itu, bekerja seperti biasanya.

Nahas, saat sedang menggergaji batu seberat sekitar 1 ton, tinggi 2 meter dan lebar 65 centimeter tersebut, tiba-tiba ambruk hingga mengenai tubuhnya. Saat tertindih korban tidak dapat bergerak. Korban hanya bisa merintih dan meminta tolong kepada warga yang lain yang berada di lokasi.

Kardi (45), warga yang sesama penambang batu kumbung di lokasi kejadian yang mendengar rintihan korban, langsung berusaha menolongnya.

Setelah batu diberi pengganjal batang bambu, barulah tubuh korban berhasil dievakuasi dari tindihan batu. Sayangnya, karena kondisi tubuh korban yang terluka parah dibagian kepala dan kaki, tak bisa di selamatkan dan korban meninggal saat akan dibawa ke rumah sakit.

Salah satu kerabat korban, Sunjani (49) saat berada di rumah korban mengatakan, bahwa saat itu korban menambang sendirian. Tiba-tiba batunya runtuh hingga mengenai tubuh korban. “korban meninggal saat akan di bawa ke rumah sakit mas, lukanya cukup parah di kepala dan kakinya,” ujarnya kepada wartawan.

Olah TKP tambang kumbung

NAHAS : Polisi saat melakukan identifikasi di lokasi kejadian

Jasad korban kemudian langsung dibawa ke rumah duka, untuk kemudian dimakamkan di makam desa setempat. Sementara petugas dari Satreskrim Polres Tuban yang melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di lokasi kejadian, langsung memasang garis polisi di lokasi kejadian.

Sementara itu Kapolsek Grabagan, AKP Hari Bowo menolak memberikan keterangan kepada wartawan saat akan di konfirmasi di lokasi kejadian. “sudah sudah ndak usah wawancara saya,” ujar Hari Bowo sambil meninggalkan para wartawan dengan menuju mobil patroli Polsek.

Korban tewas akibat tertimpa batu kumbung di sejumlah lokasi galian batu kumbung di Kabupaten Tuban, tidak hanya kali ini saja terjadi. Beberapa waktu yang lalu, juga ada warga Kecamatan Palang dan Kecamatan Merakurak, juga tewas setelah tertimpa material batu kumbung yang ditambangnya sendiri. (pit)

Facebook Comments

About the Author