Published On: Rab, Agu 5th, 2015

Pemutakhiran Data Pemilih Tak Boleh “Didampar”

TUBAN

pilkada____tubanseputartuban.com-KPU Kabupaten Tuban saat ini tengah menggelar tahapan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan petugas pemutahiran data pemilih (PPDP).

Dalam pelaksanaan itu petugas harus melakukan dengan door to door atau mendatangi langsung ke rumah calon pemilih. Tidak boleh didampar atau dikarang.

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Kasmuri, mengatakan petugas harus benar-benar menjalankan tugasnya sesuai dengan aturan yang sudah ada.

Sesuai dengan PKPU nomor 11 tahun 2015 tentang pemutakhiran data pemilih, petugas harus melakukan pendataan dari rumah ke rumah dan dibuktikan dengan memasang stiker yang sudah disiapkan.

“Kita terus memantau. Bila ada yang tidak sesuai aturan akan kita peringatkan,” kata Kasmuri, Rabu (5/8/2015) sore.

Dia menjelaskan pmutakhiran data pemilih berdasarkan data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) di Kabupaten Tuban ada sebanyak 916.968 pemilih. Rinciannya pemilih laki-laki sebanyak 455.857 orang dan perempuan 461.111 pemilih.

“Dengan pemutakhiran data yang sesuai aturan, nantinya bisa menghasilkan data yang benar-benar valid,” tegasnya.

Pelaksanaan pemutakhiran data pemilih itu akan berlangsung hingga tanggal 19 Agustus mendatang yang hasilnya akan ditetapkan menjadi daftar pemilih sementara (DPS).

Sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) Pileg 2014 kemarin total ada sebanyak 922.858 pemilih. Laki-laki sejumlah 454.801 dan perempuan 468.057 pemilih.

“Kita harapkan semua warga Tuban terdaftar. Yang belum silahkan menghubungi PPDP. Nantinya mereka akan masuk dalam daftar pemilih tambahan,” tutur dia. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author