Published On: Rab, Agu 13th, 2014

Pemkab “Warning” Kontraktor Jembatan Merakurak

TUBAN

BAHAYA: Jembatan darurat di jalan raya Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak, yang bikin resah warga.

BAHAYA: Jembatan darurat di jalan raya Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak, yang bikin resah warga.

seputartuban.com-Pengadaan jembatan darurat yang justeru menyengsarakan warga sebagai alternatif akibat pekerjaan proyek pembangunan jembatan di jalan raya Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak, akhirnya direpon Dinas PU Pemkab Tuban.

Mengingat selama ini jembatan darurat yang dibangun kondisi sangat mengkhwatirkan bagi para pengguna jalan yang melintas di atasnya. Karena pembangunannya terkesan asal-asalan, jembatan darurat tersebut seperti mau runtuh  saat motor melintas. Goyangan itu makin terasa ketika yang lewat di atasnya kendaraan roda empat meski tonasenya kecil. Paku dan papannya bergoyang pada saat dilalui kendaraan.

Mengantisipasi itu, Kepala PU Pemkab Tuban Choliq Qunaishih, mengatakan akan segera melakukan pemeriksaan jembatan darurat tersebut ada dan akan memerintahkan kepada rekanan untuk segera memperbaikinya.

Hal ini dilakukan agar tidak membuat resah para pengguna jalan yang sedang melintas. “Itu sudah menjadi perhatian dari kami. Sebelumnya sudah pernah kita peringatkan untuk menata jembatan darurat itu. Nanti akan kita minta kembali rekanan untuk memperbaikinya,” kata Choliq, Rabu (13/08/2014) siang.

Dia menjelaskan, pengadaan jembatan darurat itu sudah menjadi konsekwensi rekanan. Sebab, khusus dalam proses pembongkaran jembatan Merakurak disebutkan, pembangunan jembatan itu dilakukan secara bertahap. Artinya, sebagian sisi jembatan dibongkar sementara sisi lainnya menyusul. Tujuannya agar tak mengganggu arus lalu lintas.

“Karena memang anggaran untu jembatan darurat memang tidak ada. DAn rekanan sudah menyetujui teknis semacam itu. Penyediaan jebatan darurat mejadi tanggungjawab rekanan,” tandas Choliq.

Dijelaskan, pembangunan jembatan Merakurak yang menyedot APBD 2014 sebesar Rp 485, 226 juta tersebut ditargetkan selesai selama empat bulan ke depan yakni November mendatang, untuk pengerjaannya dilaksanakan oleh CV Sumber Bening. Jika sampai batas waktu yang ditentukan belum selesai, maka rekanan akan dikenai saksi denda. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author