Published On: Jum, Apr 4th, 2014

Pemkab Tuban Sediakan 1.548 Seragam Linmas Baru

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Pemerintah Kabupaten Tuban akan menyediakan seragam baru bagi petugas Linmas,  yang mengamankan jalanya Pemilu Legislatif (Pileg) pada 9 April mendatang. Sedangkan honor Rp. 250 ribu akan diberikan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban.

Linmas membawa kotak suara

MENGAMANKAN : Petugas Linmas mengantarkan kotak suara dari TPS ke Balai Desa

Kabag Humas dan Media Pemkab Tuban, Teguh Setyobudi saat dikonfirmasi, Rabu (2/4/2014) mengatakan Pemkab akan menyiapkan seragam baru karena ada penambahan personil Linmas. “Dibandingkan dengan Pilgub, palaksanaan Pileg untuk TPS-nya lebih banyak dan membutuhkan petugas keamanan lebih banyak,” kata Teguh.

Dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) terdapat 2.135 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sedangkan Pemilu Legislatif (Pileg) terdapat sebanyak 2.909 TPS, atau ada penambahan sebanyak 774 TPS baru. Sedangkan tiap TPS terdapat 2 petugas Linmas yang bertugas, sehingga dibutuhkan 1.548 personil Linmas baru. Mereka inilah yang akan mendapatkan seragam baru dari Pemkab Tuban. “Untuk seragamnya akan kita siapkan, namun untuk honornya menjadi tanggung jawab KPU. Sebab kita tidak diperbolehkan mengeluarkan anggaran untuk honor Linmas dalam pelaksanaan Pileg,” imbuhnya.

Terpisah, Divisi Kampanye dan Pendaftaran KPUD Tuban, Wasis Susilo, saat diwawancarai mengatakan, KPUD Tuban sudah menerima kepastian sudah dapat anggaran honor petugas Linmas. Karena sebelumnya tidak terdapat anggaran ini. “Dari hasil pertemuan di Surabaya kemarin, kita sudah mendapat kepastian dan kita sudah menerima perubahan anggaran keuangan. Bahwa ditiap TPS akan ada 2 petugas keamanan dari Linmas, seperti Pemilu-pemilu sebelumnya,” ungkap Wasis.

Diketahui, di Kabupaten Tuban dibutuh sebanyak 5.818 petugas Linmas, dari 2.909 TPS yang terbagi di 328 desa dan Kelurahan yang tersebar di 20 Kecamatan. “Namun untuk seragam bagi Linmas yang baru akan menjadi tugas dari Pemkab untuk menyediakannya, kita hanya siapkan honornya, untuk setiap petugas dianggarkan Rp. 250 ribu,” pungkasnya. (lis)

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. wong Edan berkata:

    honor linmas/hansip di desa binangun kec. singgahan tidak ada jadi TPS tidak ada linmas sama sekali