Published On: Kam, Jun 30th, 2016

Pemkab Tuban Perketat Kendalikan Warga Sekitar Industri

TUBAN

seputartuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui camat masih berupaya menekan permintaan pengajuan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk menjadi warga zona industri. Karena perpindahan penduduk dari luar menjadi warga sekitar industri syarat dengan kepentingan pekerjaan, hingga akhirnya masyarakat sekitar perusahaan yang dirugikan.

Proses pembuatan E-KTP di Kec. Jenu

Proses pembuatan E-KTP

Kabag Humas dan Media Setda Kabupaten Tuban, Teguh Setyobudi, menghimbau kepada para Camat agar tidak sembarangan menerima permintaan pengajuan KTP terhadap penduduk luar.

Untuk mengantisipasi penyerapan tenaga kerja yang berasal dari penduduk luar kawasan industri. “Sehingga diharapan bisa menyerap tenaga kerja lokal sekitar perusahaan,” katanya, Rabu (29/6/2016).

Dengan adanya beberapa industri baru masuk di Tuban salah satunya rencana perusahaan internasional dengan nilai investasi fantastis yakni kilang minyak di Kecamatan Jenu. Tidak menutup kemungkinan bisa memicu semakin tingginya pelamar tenaga kerja dari luar daerah Tuban.

“Dengan adanya geliat industri di Kabupaten Tuban, setidaknya masyarakat bisa mendapatkan manfaat sebesar besarnya. Serta juga ikut berkontribusi dengan adanya industri industri tersebut,” lanjutnya.

Dia menambahkan, bahwa Pemkab Tuban juga terus berkomunikasi dengan pihak perusahaan, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, Camat, hingga Kepala Desa. Salah satunya untuk membahas terkait penyerapan tenaga kerja lokal sekitar perusahaan. “Paling tidak pihak perusahaan mengutamakan penyerapan tenaga kerja lokal sekitar perusahaan,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author